Mengenal Sejarah Kampung China di Manado yang Sudah Ada Selama Ratusan Tahun

Minggu, 23 Mei 2021 - 20:50 WIB
loading...
Mengenal Sejarah Kampung China di Manado yang Sudah Ada Selama Ratusan Tahun
Di Kampung China berdiri Klenteng Ban Hin Kiong yang merupakan klenteng tertua di Kota Manado. Foto-Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Kawasan Pecinan atau Kampung China menjadi destinasi wisata dalam kota di Manado. Menelusuri kawasan yang berada di Jalan DI Panjaitan, Calaca, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara, ini seperti terbawa kembali ke masa lalu.

Sederet bangunan tua yang umumnya ditempati oleh etnis Tionghoa masih berdiri tegak hingga kini. Klenteng Ban Hin Kiong dan Klenteng Kwan Kong menjadi tempat menarik untuk dikunjungi.



Apalagi ketika memasuki hari-hari raya umat. Pernak-pernik di klenteng menjadi daya tarik bagi wisatawan. Terdapat banyak spot foto instagramable di klenteng ini. Tentu, wisatawan lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Di kawasan ini juga berdiri Klenteng Ban Hin Kiong yang merupakan klenteng tertua di Kota Manado. Klenteng ini berdiri pada 1819 dan hingga kini sudah menjadi ikon sejarah Manado sekaligus menjadi tempat ibadah umat Kong Hu Cu, Tao, dan Buddha.

Di seberang Klenteng Ban Hin Kiong, ada Klenteng Kwan Kong. Klenteng ini dibangun tahun 1967. Nama klenteng diambil dari sang pahlawan jujur dan setia bernama Kwan Kong sehingga pada hari ke-24 bulan keenam, klenteng ini merayakan hari khusus. Momen itu merupakan ulang tahun yang suci Kwan Kong.

Mengenal Sejarah Kampung China di Manado yang Sudah Ada Selama Ratusan Tahun


Tak sulit menemukan lokasi Pecinan ini sebab berada di tengah-tengah kota. Untuk sampai ke sini, kita bisa menggunakan angkot jurusan Pasar 45 atau taksi online. Dari bandara berjarak sekitar 20 kilometer. Di sekitar kawasan banyak terdapat rumah makan atau kedai kopi.

Budayawan Tionghoa Sofyan Jimmy Yosadi mengatakan, kawasan Kampung China sejak ratusan tahun sudah ada di Kota Madnado atau dulunya disebut Wenang. Awalnya kawasan ini masih berupa rawa-rawa, dibangun di belakang Benteng Fort Amsterdam yang didirikan oleh bangsa Portugis dan Spanyol, kemudian dilanjutkan oleh pemerintah Hindia Belanda yang namanya diubah menjadi benteng Fort Nieuw Amsterdam (Amsterdam Baru).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4099 seconds (0.1#10.140)