Berapa Kali Makanan Bisa Dipanaskan Agar Tetap Enak?

Rabu, 26 Mei 2021 - 23:45 WIB
loading...
Berapa Kali Makanan Bisa Dipanaskan Agar Tetap Enak?
Berapa Kali Makanan Bisa Dipanaskan Agar Tetap Enak? Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Memanaskan makanan sudah menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan saat ini. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa makanan tidak boleh dipanaskan lebih dari sekali, beberapa juga mengatakan aman untuk memanaskannya beberapa kali.

Banyak orang menyiapkan makanan dalam jumlah besar dan memanfaatkannya keesokan harinya dengan memanaskannya kembali. Meskipun proses ini aman jika dilakukan sesekali, tetapi dapat menyebabkan masalah jika dilakukan setiap hari. Memanaskan dan mengonsumsi sisa makanan dapat menyebabkan keracunan makanan dengan gejala berupa muntah, diare , dan kram perut.

Meskipun Anda harus mengonsumsi sisa makanan dalam waktu 24 jam, ada beberapa makanan yang dilarang untuk dipanaskan kembali. Anda dapat dengan mudah memanaskan kembali makanan sekali, karena memanaskannya lebih dari itu dapat menimbulkan masalah.

Baca Juga : Trik Menyimpan Makanan agar Awet dan Tetap Lezat saat Disantap

Hal lain yang perlu Anda pastikan adalah menyimpan makanan dengan benar. Sebelum menyimpan sisa makanan di lemari es, pastikan sudah benar-benar dingin. Memasukkan makanan panas ke dalam lemari es dapat menyebabkan beberapa racun di dalamnya yang dapat meningkat saat memanaskan kembali makanan ini.

Meskipun kebanyakan dari Anda hanya memanaskan kembali makanan selama 1-2 menit dengan menyimpannya di microwave, praktik yang sama mungkin bukan yang paling aman. Pemanasan dalam microwave seperti ini dapat memanaskan makanan secara tidak merata sehingga meninggalkan kantong-kantong dingin di makanan tempat bakteri dapat berkembang biak.

Jika ingin memanaskan kembali makanan, Anda harus memastikannya panas. Temperatur tinggi tidak hanya membunuh bakteri tetapi juga membuat sisa makanan layak untuk dikonsumsi. Dilansir dari Times of India,Rabu (26/5) untuk ini, Anda bisa memindahkannya ke wajan, nyalakan api dan biarkan mendidih sebentar.

Baca Juga : Sisca Kohl Bikin Es Krim Rasa Pempek, Netizen: Absurd Parah

Ada makanan tertentu yang setelah dimasak tidak boleh dipanaskan lagi. Memaparkannya pada suhu tinggi dua kali tidak hanya dapat mematikan kapasitas nutrisinya tetapi juga dapat menyebabkan perkembangan racun di dalamnya. Jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan adalah kentang, daging matang, seafood, nasi, pasta, bit, jamur, telur, saus yang mengandung susu atau krim dan produk kedelai.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1691 seconds (10.177#12.26)