Tanda Kolesterol Tinggi, Nyeri Salah Satu di Empat Area Ini

Jum'at, 28 Mei 2021 - 12:48 WIB
loading...
Tanda Kolesterol Tinggi, Nyeri Salah Satu di Empat Area Ini
Nyeri di Salah Satu dari Empat Area Ini Tanda Kolesterol Tinggi. Foto/Mount Elizabeth Hospitals.
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tanda yang menandakan kadar kolesterol tinggi termasuk nyeri di keempat bagian tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan di National Library of Medicine National Institutes of Health AS, menganalisis hubungan antara lipid serum dan nyeri punggung bawah.

Dilansir dari Express, Jumat (28/5) studi ini melibatkan orang dewasa berusia antara 40 dan 64 tahun yang menjalani pemeriksaan kesehatan tahunan.

Sebanyak 258.367 peserta yang memenuhi syarat dianalisis untuk menyelidiki hubungan nyeri punggung bawah dengan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL-C), dan rasio LDL-C / HDL-C.

Studi tersebut menemukan bahwa rasio HDL-C yang rendah dan rasio LDL-C / HDL-C yang tinggi secara signifikan dikaitkan dengan nyeri punggung bawah yang mengindikasikan nyeri yang dirasakan di punggung dapat menunjukkan kadar kolesterol yang tinggi.


Dalam studi lain, kasus sakit perut dan penyakit penyimpanan ester kolesterol diteliti. “Penyakit penyimpanan ester kolesterol (CESD) adalah dislipidemia yang sangat langka dengan kurang dari 150 kasus yang dilaporkan dalam literatur medis," jelas studi tersebut.

Pasien dengan CESD sering datang dengan keluhan atipikal termasuk sakit perut, motilitas usus yang berubah, kolitis, dan analisis darah biasanya menunjukkan fungsi hati yang tidak normal.

Medicover Hospitals menjelaskan bahwa nyeri dada , terutama di sisi kiri menandakan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan bisa menimbulkan rasa sakit.


“Terkadang, rasa sakit bahkan bisa menyebar ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan nyeri dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung," jelas Medicover Hospitals.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)