Ingin ASI Berlimpah Seperti Citra Kirana? Kuncinya Hati yang Bahagia

Jum'at, 28 Mei 2021 - 19:02 WIB
loading...
Ingin ASI Berlimpah Seperti Citra Kirana? Kuncinya Hati yang Bahagia
Citra Kirana dan buah hatinya Athar. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) adalah hak setiap bayi yang baru lahir. Sementara itu tugas seorang ibu setelah melahirkan adalah menyusui anaknya dengan ASI eksklusif. Namun sayang, tidak semua perempuan dianugerahi ASI yang banyak setelah melahirkan. Padahal di awal masa-masa kehidupannya, bayi sangat membutuhkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena ASI merupakan makanan utama bayi yang baru lahir.

ASI eksklusif mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Rutin memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kelahiran juga akan meminimalisir adanya alergi karena zat antibodi pada ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Karenanya, banyak para ibu yang mencoba segala cara untuk mendapatkan produksi ASI yang melimpah guna memenuhi kebutuhan si kecil. Akan tetapi, menurut salah satu pesinetron Indonesia Citra Kirana , sebenarnya untuk menghasilkan ASI yang banyak tidak perlu serepot itu.

Baca Juga : Ini Usia Tepat Anak Berhenti Menggunakan Botol Dot

Baginya, kunci untuk mendapatkan ASI yang melimpah adalah perasaan seorang ibu yang bahagia. Karena jika suasana hati ibu tidak bahagia, makanan bergizi yang ia konsumsi tidak bisa bekerja dengan baik dalam tubuh.

"Supaya produksi ASI melimpah pokoknya mamanya harus happy. Makanlah makanan yang mama suka," ujar Citra Kirana pada Jumpa Pers Virtual Baby Huki dengan tema "Dot Baby Huki Solusi Pendukung ASI Telah Teruji Klinis Memenuhi Kaidah Orthodontic, Berikan Si Kecil Rasa Aman dalam Menyusu, Jumat (28/5/2021).

Untuk mendapatkan suasana hati yang bahagia, lanjut Ciki, sang ibu harus mengupayakan agar selalu dapat berpikir positif. Selain itu, melakukan bonding dengan si kecil juga dapat membuat suasana hati ibu menjadi lebih positif.

"Aku juga menerapkan bonding sama anak sih menjalin kedekatan sama anak. Selain itu juga berpikir positif saja, karena berpikir positif dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang," sambungnya.

Akan tetapi, selain suasana hati sang ibu yang harus dijaga, makanan pun juga harus dijaga. Selama menyusui, Ciki mengaku bahwa ia menjauhi makanan yang mengandung tepung-tepungan. Karena makanan tanpa olahan dipercaya dapat membuat produksi ASI berjalan lancar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Migran, Salah Satunya dengan Mengonsumsi Jahe

"Makan dijaga sih, makan-makanan bergizi aja tanpa tepung-tepungan, tanpa olahan, itu juga membantu ASI semakin berlimpah," tukasnya.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)