Ini Usia Tepat Anak Berhenti Menggunakan Botol Dot

Jum'at, 28 Mei 2021 - 17:10 WIB
loading...
Ini Usia Tepat Anak Berhenti Menggunakan Botol Dot
Ini Usia Tepat Anak Berhenti Menggunakan Botol Dot. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Dengan berbagai alasan, banyak orang tua memberikan susu untuk anak dengan menggunakan botol dot . Padahal jika dibiarkan, kebiasaan ini bisa menyebabkan anak menjadi ketergantungan meski sudah memasuki usia balita .

Parahnya, sampai ada yang tidak bisa tidur jika botol dot terlepas dari mulutnya. Menggunakan botol dot terus-menerus tentu tidak baik bagi anak.

Dokter Gigi Anak dan Ketua Peneliti Fakultas Kedokteran Gigi UNPAD, DR. drg. Eriska Riyanti, Sp. K.G.A (K) mengatakan bahwa usahakan agar anak bisa lepas dari botol dot sebelum usia 4 tahun.

"Bila anak masih menggunakan dot, kami memberi saran kepada orang tua bahwa penggunaan dot tidak lebih dari usia 4 tahun," terang Eriska saat jumpa pers Baby Huki, Jumat (28/5).


Pasalnya pada usia 4 tahun, lanjut sang dokter, anak-anak sudah sempurna dalam pola menghisap, mengunyah, dan menelan. Ini karena hal-hal tersebut sudah ia pelajari sejak bayi.

"Selain itu, anak-anak juga sudah harus mulai belajar menggunakan otot lainnya seperti minum susu dengan gelas dan memegang gelas sendiri," kata Eriska.

Untuk membujuk sang anak beralih dari botol dot ke gelas, kenalkan anak dengan gelas secara bertahap sedikit demi sedikit. Mulai dengan mencontohkan ke anak bagaimana caranya minum dengan gelas.

Anak pandai meniru sehingga ia akan lebih cepat bisa jika sering melihatnya. Cobalah mendorong anak untuk minum susu pakai gelas di siang hari karena akan lebih sulit untuk mengganti botol dengan gelas saat minum susu di malam hari.


Lama-kelamaan, anak akan terbiasa minum dengan gelas. Ini mungkin tidak akan mudah dan secepat yang Anda kira, tapi yang terpenting adalah terus mencobanya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)