Tingkatkan Kadar Hemoglobin dengan Makanan-Makanan Berikut Ini

loading...
Tingkatkan Kadar Hemoglobin dengan Makanan-Makanan Berikut Ini
Hemoglobin berfungsi untuk membantu sel darah merah memompa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang mengatur oksigen ke seluruh tubuh. Hemoglobin berfungsi untuk membantu sel darah merah memompa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh.

Baca juga: Sinetron "Zahra" Hanya Ganti Pemeran, Zaskia Adya Mecca Protes Lagi

Rendahnya tingkat hemoglobin berdampak buruk bagi kesehatan karena tubuh kekurangan zat besi dan dapat dilihat gejala awalnya seperti kelelahan, rambut rontok, sakit kepala, pusing dan detak jantung yang cepat.

Untuk mengatasi hal ini, seseorang harus melakukan pemeriksaan berkala selama setahun sekali untuk memastikan bahwa semuanya terkendali. Kadar hemoglobin normal adalah 14 hingga 18 g/dl untuk pria dewasa dan 12 hingga 16 g/dl untuk wanita dewasa.

Menurut Australian Recommended Dietary Intake (RDI), pria di atas usia 19 tahun harus mengonsumsi sekitar 8 miligram zat besi setiap hari. Di sisi lain, wanita berusia antara 19-50 tahun diharuskan mengonsumsi 18 miligram zat besi setiap hari.

Berikut adalah beberapa cara menarik di mana Anda dapat meningkatkan kadar hemoglobin Anda.



1. Mengonsumsi smoothies

Jika Anda menyukai smoothies yang sehat, maka Anda perlu mencoba smoothies yang mengandung zat besi ini yang merupakan sarapan sempurna atau minuman setelah berolahraga. Hanya dengan tiga bahan, Anda dapat membuat smoothie bergizi dengan cara termudah. Cukup tambahkan segenggam daun bayam ke dalam blender, masukkan bit cincang dan apel sesuai selera Anda dan campur semuanya menjadi satu. Anda bisa menambahkan satu sendok madu untuk sedikit rasa manis.

Kandungan dalam satu buah apel mengandung 0,31 miligram zat besi sedangkan 100 gram bit mengandung 0,8 miligram. Bayam kaya akan zat besi karena mengandung 4 miligram per 100 gram.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top