DNA Autosomal Ini Bisa Tunjukkan Leluhur dari Ribuan Tahun Lalu

Senin, 07 Juni 2021 - 21:01 WIB
loading...
DNA Autosomal Ini Bisa Tunjukkan Leluhur dari Ribuan Tahun Lalu
Ada beberapa cara untuk mendapatkan hasil DNA ini, salah satunya adalah dengan DNA autosomal. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Apakah Anda yakin kalau benar-benar 100% dari Indonesia? DNA Autosomal ini bisa menunjukkan leluhur kamu dari ribuan tahun yang lalu. Dari tes DNA , Anda bisa tahu leluhur Anda berasal dari mana saja.

Baca juga: Cool! Gaya Lady Boss Dian Sastrowardoyo yang Terinspirasi Drama Vincenzo

Mungkin Anda pernah lihat di media sosial , di mana di luar negeri ada tren orang-orang tes swab dari mulutnya lalu mendapatkan data leluhur mereka. Dari tes DNA ini kita dapat melihat informasi seperti dari mana dahulu nenek moyang kita tinggal? Apakah dari daerah Asia? Amerika? Eropa? Atau bahkan Afrika?

DNA kita menyimpan rahasia dari leluhur kita. Tentunya bukan hanya dari 2-3 generasi saja. Kalau hanya segitu, kita masih bisa tanya kepada orangtua kita. Tapi, yang mau kita bahas ini adalah keturunan sampai ribuan tahun yang lalu. Ada beberapa cara untuk mendapatkan hasil DNA ini, salah satunya adalah dengan DNA autosomal, di mana ada 700.000 penanda DNA kita yang dibaca oleh tes ini.

Sudah banyak tes DNA leluhur di luar negeri. Tren ini sempat booming sekitar 3-4 tahun yang lalu, dan hasilnya sangat mengejutkan. Anda mungkin sudah tinggal di Indonesia seumur hidup, tapi bukan berarti Anda pasti 100% dari Indonesia.

Nenek moyang kita sudah berkelana selama ribuan tahun. Tentunya itu bukanlah waktu yang sebentar. Walaupun zaman dahulu transportasi tidak semudah kita sekarang, tetapi sangat mungkin leluhur kita sebenarnya berasal dari daerah yang sangat jauh, misalnya dari Afrika atau Amerika. Bagaimana, penasaran tidak sama asal nenek moyang Anda?

Guna menjawab rasa penasaran tersebut, 24 Genetics Indonesia menghadirkan layanan cek DNA secara mandiri yang bisa diakses melalui laman 24genetics.co.id. Pelaksanaan tesnya cukup simpel, hanya dengan swab, jadi tidak perlu pergi ke klinik maupun rumah sakit. Kit-nya akan dikirim ke rumah dan Anda hanya butuh mengirimnya kembali ke kantor 24 Genetics yang berada di Jakarta.

"24 Genetics adalah satu-satunya tes genetik di dunia dengan lebih dari 1500+ lokasi Geografis. Tes Ancestry DNA akan menunjukkan dari benua mana kamu berasal, negara mana, dan bahkan dari wilayah mana pada negara tersebut," ujar Brand Manager 24 Genetics Indonesia, Dennis Lesmana dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/6).

Baca juga: #RinduLabuanBajo, Yuk Kunjungi Destinasi Super Prioritas bersama Promo 50 % dari Mister Aladin

Dennis mengungkapkan jika hasil tes bisa diketahui dalam kurun waktu 6 minggu. Nantinya hasil tes akan dikirim melalui email. Hasil tersebut bakal memberikan data yang sangat detail dan presisi tentang diri Anda berdasarkan DNA Anda.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)