Waspada! Ini Efek Samping Ivermectin jika Digunakan Sembarangan

Jum'at, 11 Juni 2021 - 11:33 WIB
loading...
Waspada! Ini Efek Samping Ivermectin jika Digunakan Sembarangan
Waspada! Ini Efek Samping Ivermectin jika Digunakan Sembarangan. Foto/iStock.
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan efek samping dari penggunaan Ivermectin , obat yang dipercaya bisa menyembuhkan Covid-19 dan menyelamatkan pasien dari risiko kematian.

Ivermectin merupakan obat keras yang tidak boleh sembarang digunakan. Artinya, penggunaan obat Ivermectin harus di bawah pengawasan dokter dan pembeliannya wajib menggunakan resep dokter.

"Ivermectin yang digunakan tanpa indikasi medis dan tanpa resep dokter dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan efek samping, antara lain nyeri otot atau sendi, ruam kulit, demam, pusing, sembelit, diare, mengantuk, dan Sindrom Stevens-Johnson," ungkap laporan BPOM dikutip Jumat (11/6).



BPOM pun menerangkan bahwa jika obat Ivermectin mau dipakai sebagai terapi pengobatan Covid-19 , maka masih perlu bukti ilmiah untuk meyakinkan terkait keamanan, khasiat, dan efektivitasnya melalui uji klinis lebih lanjut.

"Penelitian untuk pencegahan maupun pengobatan Covid-19 yang sudah dipublikasikan menyatakan bahwa Ivermectin memiliki potensi antiviral pada uji secara in-vitro di laboratorium. Akan tetapi, masih diperlukan bukti ilmiah yang lebih meyakinkan," kata BPOM.

Sebagai tindak lanjut untuk memastikan khasiat dan keamanan penggunaan Ivermectin dalam pengobatan Covid-19, sambung BPOM, di Indonesia akan dilakukan uji klinik di bawah koordinasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, dengan melibatkan beberapa Rumah Sakit.


BPOM pun menyarankan agar masyarakat tidak membeli obat Ivermectin secara bebas tanpa resep dokter, termasuk membelinya melalui platform online. "Untuk penjualan obat Ivermectin termasuk melalui online tanpa ada resep dokter dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tegas BPOM.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)