Sering Menurunkan Masker di Bawah Dagu? Ini Bahayanya!

Sabtu, 12 Juni 2021 - 11:20 WIB
loading...
Sering Menurunkan Masker di Bawah Dagu? Ini Bahayanya!
Sering Menurunkan Masker di Bawah Dagu? Ini Bahayanya! Foto/Channel News Asia.
A A A
JAKARTA - Menurunkan masker sampai ke dagu dan leher menjadi kebiasaan banyak orang di tengah pandemi Covid-19 . Ini biasanya terjadi saat makan, minum, atau sesekali menarik napas. Namun, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

“Mengenakan masker di siku atau dagu adalah kebiasaan buruk dalam memakai masker. Hal ini merusak tujuan utama memakai masker untuk melindungi atau mengurangi kemungkinan infeksi,” kata Dr Grace Huang, dokter umum di DTAP Clinic dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (12/6).

Sementara menurut, Dr Catherine Ong, konsultan divisi penyakit menular di National University Hospital, permukaan masker yang digunakan mengandung mikroba.

“Untuk orang yang terinfeksi, partikel virus akan menumpuk di permukaan yang bersentuhan dengan wajah,” tutur Dr Catherine.



Selain itu, masker yang sudah dipakai dipastikan mendapat banyak tetesan air liur dan pernapasan. Hal ini membuat permukaan bagian dalam masker lebih kondusif bagi virus untuk bertahan hidup.

Sementara, permukaan luar masker kondisinya tidak lebih baik karena tertutup bakteri, virus, dan kotoran dari lingkungan luar.

"Menarik masker hingga ke dagu berarti permukaan luar masker bisa bersentuhan dengan wajah dan mungkin bibir bawah, menyebarkan patogen ini langsung ke mulut dan wajah," tutup Dr Huang.

Pilihan terbaik adalah menempatkan masker di tempat bersih seperti ziploc untuk melindungi masker dari lingkungan luar.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)