6 Kebiasaan Merusak Imunitas, Merokok hingga Mager

Senin, 14 Juni 2021 - 19:32 WIB
loading...
6 Kebiasaan Merusak Imunitas, Merokok hingga Mager
6 Kebiasaan Merusak Imunitas, Merokok hingga Mager. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Tanpa disadari, sejumlah kebiasaan bisa merusak imunitas tubuh . Meski terasa menyenangkan, namun sejumlah kebiasaan ini terbukti bisa menyebabkan masalah kesehatan .

Karenanya penting untuk menjaga imunitas tubuh. Terlebih pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini. Dikutip dari berbagai sumber, Senin (14/6) berikut kebiasaan sehari-hari yang dapat melemahkan imunitas.

1. Kurang perawatan diri

Stres memiliki dampak langsung pada fungsi sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa orang yang mengalami stres kronis lebih mungkin untuk menderita flu setelah terkena virus.

Oleh karena itu saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, tetaplah lakukan hal yang Anda suka, meski itu dilakukan dari rumah. Pikiran yang tenang akan membawa dampak positif pada imun.


2. Makan makanan olahan

Pola makan memainkan peran penting pada imun tubuh. Makanan yang kaya akan karbohidrat olahan, ditambah gula dan garam dapat menyulitkan sistem kekebalan tubuh untuk melakukan tugasnya. Pada akhirnya, makanan ini mampu menyerang bakteri baik di usus.

3. Tidak cukup tidur

Saat tidur, tubuh melepaskan sitokin, protein yang melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan. Jika Anda tidak tidur, tubuh tidak dapat memproduksi cukup sitokin sehingga mempersulit sistem kekebalan untuk melawan bakteri dan virus. Usahakan mendapatkan tidur malam yang cukup 7-9 jam perhari untuk memperkuat imunitas.


4. Minum alkohol
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)