Hasil Prokes Ketat di Sektor Pariwisata Menerapkan 4K, Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian

Senin, 14 Juni 2021 - 18:18 WIB
loading...
Hasil Prokes Ketat di Sektor Pariwisata Menerapkan 4K, Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian
Hasil Prokes Ketat di Sektor Pariwisata Menerapkan 4K, Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya melakukan pembenahan Covid-19 bersama pemangku kepentingan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, salah satu syarat untuk memulihkan kondisi industri pariwisata di Indonesia adalah peningkatan kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan (Okezone, 01/01/2021).

Selain protokol kesehatan, sektor pariwisata juga menerapkan 4 K: kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan atau CHSE (cleanliness, healthy, safety and environment sustainability), agar seluruh pelaku industri, khususnya wisatawan merasa aman dan nyaman berwisata di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini.

Langkah lain yang juga dinilai berdampak positif, adalah vaksinasi bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang menjadi program Kemenparekraf sejak Februari lalu dan mulai menampakkan hasil.



Di situs resmi Kemenparekraf, Sandiaga Uno mengatakan, meskipun belum dapat disimpulkan tetapi pemberian vaksin ini menimbulkan kepercayan diri bagi para pelaku pariwisata maupun wisatawan.

Pengamat pariwisata dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Deria Adi Wijaya mengatakan keberhasilan program vaksinasi Covid-19 akan berdampak pada lonjakan sektor pariwisata tahun ini.

Tanda-tanda positif geliat sektor pariwisata mulai terasa. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kenaikan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel di sejumlah daerah. Data BPS menyebutkan, TPK hotel berbintang pada Maret 2021 mencapai rata-rata 36,07 persen, atau naik 3,83 poin dibandingkan TPK bulan yg sama tahun 2020. Dan jika dibandingkan TPK pada bulan sebelumnya, Februari 2021, TPK bulan Maret 2021 naik 3,67 poin.

Data lain menyebutkan angka kunjungan wisman pada Maret 2021 melalui pintu masuk udara naik 80,76 persen.


Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk merealisasikan rencana liburan yang sudah lama tertunda. Ada baiknya Anda mengecek kalender untuk memilih tanggal merah mana diisi dengan liburan. Semakin awal Anda merencanakan liburan, tentunya akan semakin baik karena Anda masih punya banyak waktu untuk memilih hotel dan tiket di tanggal dan jam yang sesuai dengan keinginan Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)