Markis Kido Pernah Idap Hipertensi, Yuk Kenali Pencegahannya

Senin, 14 Juni 2021 - 23:32 WIB
loading...
Markis Kido Pernah Idap Hipertensi, Yuk Kenali Pencegahannya
Markis Kido Pernah Idap Hipertensi, Yuk Kenali Pencegahannya. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Markis Kido diketahui pernah mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi . Hipertensi yang diidap Markis membuatnya yang kala itu berpasangan dengan Hendra Setiawan tak bisa mempertahankan gelar di Kejuaraan Dunia 2009.

Markis Kido meninggal dunia pada hari ini, Senin (14/6) saat bermain bulu tangkis di Tangerang. Kabar duka ini pun telah dikonfirmasi oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) lewat postingan Instagram resminya.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia salah satu pahlawan bulutangkis Indonesia, peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido," tulis PBSI.

"Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Selamat jalan Kido!," lanjutnya.

Hipertensi merupakan the silent killer karena sering tanpa keluhan. Hal tersebut menjadi kontributor tunggal utama untuk penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke di Indonesia.

Baca Juga : Markis Kido Meninggal karena Serangan Jantung, Ini Gejalanya

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 34,1%. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan prevalensi hipertensi pada Riskesdas pada 2013 sebesar 25,8%.

Diperkirakan hanya 1/3 kasus hipertensi di Indonesia yang terdiagnosis, sementara sisanya tidak terdiagnosis.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

“Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi,” kata Eriwanto baru-baru ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1689 seconds (11.210#12.26)