Review dan Sinopsis Film F9: The Fast Saga

loading...
Review dan Sinopsis Film F9: The Fast Saga
Fast and Furious 9 (F9) memang menghibur dengan aksi kebut-kebutan jalanan sampai udara. Namun, secara cerita, film ini terbilang biasa tanpa kejutan berarti. (Dok. Sindonews)
Sebagai salah satu film yang paling diantisipasi rilisnya, Fast & Furious 9 atau F9: The Fast Saga, bakal membawa para penggemarnya ke petualangan baru Dominic Toretto dan keluarganya. Film ini juga akan menandai kembalinya Han setelah dia diperlihatkan tewas di TheFast and the Furious: Tokyo Drift. Tak hanya itu, masa lalu keluarga Toretto juga menjadi salah satu twist di film ini. Seseru apakah F9?

Dom telah memilih untuk pensiun dari dunia balap dan hidup dengan damai bersama putranya, Little Brian, dan Letty (Michelle Rodriguez). Namun, kedamaian itu terusik ketika Tej (Ludacris), Roman (Tyrese Gibson) dan Ramsey (Nathalie Emmanuel) menemuinya. Mereka mengatakan, pesawat Mr Nobody (Kurt Russell) yang membawa Chiper (Charlize Theron) telah jatuh. Ketiga orang itu mengajak Dom kembali ke dunia mereka sebelumnya. Namun, Dom masih ragu. Meski begitu, Letty telah memutuskan untuk bergabung dengan ketiga kompatriotnya tersebut. Dom akhirnya memutuskan untuk bergabung.

Misi mereka adalah menyelamatkan bagian teknologi yang tersimpan di pesawat Mr Nobody. Namun, ketika mereka berusaha untuk membawa barang itu dari lokasi kecelakaan, sekelompok orang dengan kemampuan menyetir yang tak kalah dari Dom hadir dan berusaha merebut benda tersebut. Di saat itulah, Dom melihat pemimpin kelompok itu. Dia tak lain dan tak bukan adalah adik kandungnya, Jakob (John Cena).
Review dan Sinopsis Film F9: The Fast Saga

Kini, misi Dom tidak hanya mencari kepingan gawai tersebut, tapi juga menghadapi adik kandungnya sendiri. Dari sinilah, masa lalu keluarga Toretto pun terkuak. Bagaimana hubungan Dom dengan ayahnya, Jack, dan adiknya, Jakob, serta bagaimana hubungan Dom dengan dunia balap. Tragedi telah merengut kebahagiaan keluarga tersebut. Setelah ayah mereka, Jack, meninggal dunia, Dom dan Jakob memilih jalan hidupnya sendiri-sendiri.

Ketika Dom sibuk dengan “keluarganya” yang bekerja untuk Mr Nobody, Jakob menemukan keasyikan di dunia mata-mata. Dia pun berkenalan dengan Otto, anak seorang pejabat di sebuah negara di Eropa yang kaya raya dan punya pengaruh politik. Tak disangka Dom, Jakob dan Otto pun turut mengejar Cipher yang dikenal atas kepiawaian peretasannya. Kini, Jakob dan Dom pun harus saling berhadapan.



Masa lalu Dom bakal menjadi twist tersendiri di film ini. Bagaimana dia dan Jakob akhirnya saling bermusuhan pun bakal terungkap. Selain itu, film ini juga akan mengungkap nasib Han (Sung Kang) setelah Tokyo Drift. Ini sekaligus menjawab teori bahwa Tokyo Drift terjadi setelah Fast & Furious 6.

Duduk di kursi sutradara, Justin Lin membuat F9 ini full aksi. Dari awal, adrenalin akan ikut naik dengan aksi-aksi Dom dan teman-temannya saat menuju lokasi jatuhnya pesawat Mr Nobody. Mereka harus berhadapan dengan pasukan militer dan kemudian menghadapi Jakob dan anak buahnya. Aksi kemudian pindah ke Eropa. Di Inggris, kejar-kejaran pun kembali ke terjadi. Kali ini, tak hanya kejar-kejaran antarmobil, tapi juga dengan teknologi sederhana yang terbukti lumayan efektif.
Review dan Sinopsis Film F9: The Fast Saga

Secara aksi, F9 tetap memberikan hiburan yang seru. Dari aksi kebut-kebutan di jalanan sampai ke udara, semuanya ada. Dan, Justin mewujudkan juga salah satu teori atau rumor yang selama ini beredar: FF ke antariksa. Seperti apa? Ya, spoiler dong!

Di sisi lain, kehadiran Tej dan Roman membuat film ini jadi lebih komedik. Chemistry di antara dua karakter ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kekonyolan mereka membuat film ini jadi menarik dan menghibur. Kehadiran dua tokoh ini juga menjadi penting di salah satu twist film ini. Merekalah yang bakal menjadi sentral terwujudnya salah satu rumor di film ini.

Meski pun F9 memiliki banyak aksi menarik, secara cerita, film ini terbilang biasa aja. Tak ada lonjakan emosional yang benar-benar menyentuh di sini. Selain itu, twist-twist-nya juga gampang ditebak. So, tidak banyak kejutan yang terjadi di film ini. Salah satu yang cukup menarik adalah kehadiran skuad wanita yang mirip dengan apa yang dilakukan Dom bersama keluarganya di film ini.

Cerita Han setelah Tokyo Drift akan menjadi bagian penting di film ini. Bisa dibilang kalau dialah pemegang kunci di F9. Meski terkesan agak dipaksakan—tokoh yang sudah mati dihidupkan lagi, tapi, cerita dari Han ini lumayan menarik dan belum terungkap sebelumnya. Aksi Han di jalanan pun bisa dinikmati kembali oleh para penggemarnya.
Review dan Sinopsis Film F9: The Fast Saga

Penampilan John Cena sebagai Jakob tak bisa dibilang istimewa. Dia terlihat sangat berusaha untuk mengimbangi penampilan Vin Diesel sebagai Dominic Toretto. Dia juga terlihat sangat ingin jahat, jadi terkesan agak kurang natural.

Fast and Furious 9 atau F9: The Fast Saga memang menghibur dengan aksi-aksi kebut-kebutan jalanan sampai udara. Namun, secara twist cerita, film ini terbilang biasa saja tanpa kejutan berarti. Meski bukan seri terbaik, tapi dari film ini, ada kemungkinan spinoff yang bisa digarap di masa depan. Dan, mereka semua adalah wanita. Dan, jangan lupa dengan adegan pascakredit di film ini. Adegan ini bakal membuka kemungkinan spinoff atau seri baru untuk franchise ini.



F9 sudah bisa Anda saksikan di bioskop kesayangan Anda. Tetap patuhi protokol kesehatan selama Anda berada di bioskop! Tetap kenakan masker selama film diputar! Selamat menyaksikan!

(alv)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top