Pasien Diabetes Tipe 2 Waspada, 5 Buah Ini Tingkatkan Gula Darah

Rabu, 16 Juni 2021 - 16:22 WIB
loading...
Pasien Diabetes Tipe 2 Waspada, 5 Buah Ini Tingkatkan Gula Darah
Pasien Diabetes Tipe 2 Waspada, 5 Buah Ini Tingkatkan Gula Darah. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis di mana kadar gula darah terus berfluktuasi. Mengonsumsi buah memberikan segudang manfaat kesehatan , tetapi jenis tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah .

Makanan yang dipecah perlahan menjadi gula darah memiliki dampak kecil pada kadar gula darah. Namun, makanan yang dipecah dengan cepat dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Meskipun makan buah memberi tubuh vitamin dan mineral penting, jenis buah tertentu dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak karena cepat dipecah oleh tubuh. Jenis buah ini berperingkat tinggi pada indeks glikemik (GI).


Dilansir dari Express, Rabu (16/6) GI adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan mempengaruhi kadar gula darah (glukosa) ketika makanan itu dimakan.

"Kuncinya adalah mengonsumsi buah dalam jumlah sedang, karena penting untuk memastikan Anda tidak memetabolisme terlalu banyak gram karbohidrat melalui konsumsi buah," kata CuraLife.

Adapun buah-buahan dengan GI tinggi antara lain semangka, labu, nanas, jus buah dan buah kering. Sementara itu, buah terbaik untuk dimakan penderita diabetes adalah yang memiliki GI rendah.


Seperti halnya blackberry, jeruk, stroberi, alpukat, ceri asam, plum, jeruk bali, buah pir, apel, nektarin, persik, pisang dan bluberi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)