5 Cara Agar Minyak di Area T-Zone Terkontrol

Jum'at, 18 Juni 2021 - 03:30 WIB
loading...
5 Cara Agar Minyak di Area T-Zone Terkontrol
Foto Ilustrasi/LOreal Paris
A A A
JAKARTA - T-zone yaitu bagian dahi dan hidung merupakan area yang paling gampang berminyak. Maka itu, komedo hingga beruntusan sering terjadi pada area tersebut.

Masalah kulit ini bisa membuat rasa percaya diri jadi berkurang. Selain tidak enak dipandang, Anda juga akan merasakan gangguan kulit lain. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada perawatan khusus agar T-zone tidak bermasalah?



Melansir laman Healthline, Kamis (17/6), berikut lima cara supaya area kulit Anda itu tetap terjaga dan terawat.

1. Cuci Muka Tiap Hari

Salah satu cara terbaik untuk mengontrol T-zone yang berminyak adalah dengan mencuci muka secara teratur. Hal ini dapat menghilangkan kelebihan sebum, bersama dengan sel kulit mati, bakteri, dan kotoran.

Waktu-waktu yang tepat untuk mencuci muka adalah pagi hari, setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau berkeringat, dan malam hari sebelum tidur.

Cuci wajah Anda dengan lembut, terutama jika Anda memiliki jerawat aktif. Menggosok kulit dengan kuat dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

2. Gunakan Pembersih yang Lembut

Memilih pembersih yang tepat adalah kunci untuk mengontrol minyak yang ada di T-zone. Cari pembersih wajah yang bebas minyak, noncomedogenic (artinya dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori), dan berbusa.

Hindari sabun wajah yang keras, terutama yang mengandung alkohol. Produk yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit sehingga kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak.

3. Oleskan Pelembab Tiap Hari

Jika Anda memiliki T-zone berminyak, mungkin akan sedikit ragu menggunakan pelembab. Tapi, ini adalah langkah penting untuk melembabkan di saat wajah berminyak.

Jika kulit terlalu kering, kelenjar minyak Anda hanya akan menghasilkan lebih banyak minyak. Gunakan pelembab setelah mencuci muka. Pilih produk yang bebas minyak, nonkomedogenik, dan gel jika Anda memiliki kulit berminyak atau cuaca lembab, serta lotion jika Anda memiliki kulit normal atau kombinasi.

4. Gunakan Makeup Ringan

Jika Anda memakai makeup, pilihlah untuk menggunakan bedak tabur daripada krim atau sesuatu yang berbentuk cair. Ini karena bedak tabur berfungsi menyerap minyak serta terasa lebih ringan.

Jika Anda ingin menggunakan makeup berbentuk krim atau cair, pilih produk yang bebas minyak dan nonkomedogenik.



5. Gunakan Kertas Minyak

Kertas penyerap minyak adalah salah satu cara supaya area T-zone Anda tetap terkontrol. Bentuknya juga praktis, bisa dibawa ke mana pun dan dipakai kapan pun.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)