Tips untuk Dukung Anak dengan Karakter Pemalu

Jum'at, 18 Juni 2021 - 05:50 WIB
loading...
Tips untuk Dukung Anak dengan Karakter Pemalu
Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Setiap anak terlahir dengan karakter dan sifat masing-masing. Tapi, tak dipungkiri sebagian orangtua mungkin kebingungan jika anak mereka memiliki sifat pemalu.

Sampai akhirnya untuk sebagian orang, sifat atau karakter pemalu ini dianggap sebagai kelemahan. Padahal, sebagai orangtua sudah sepatutnya bisa memberikan dukungan kepada anak tanpa harus memaksa sang anak untuk mengubah karakter dirinya.



Lalu, bagaimana cara memberikan dukungan yang tepat kepada anak pemalu, tanpa memaksakan anak untuk berubah? Melansir laman Huffingtonpost, Kamis (17/6), berikut tips dari ahli untuk mendukung anak dengan karakter pemalu.

1. Tak Melihat Pemalu sebagai Kelemahan

Hal pertama yang harus dilakukan orangtua yang mempunyai anak pemalu ialah, berhenti melihat sifat pemalu sebagai suatu kelemahan. Kebanyakan anak menunjukkan rasa malu atau enggan ketika bertemu orang baru dan ini adalah hal yang sangat normal.

Rasa malu awal itu adalah bagaimana kita memasuki ruang baru dan mendapatkan sikap diri. Disebutkan oleh Koraly Perez-Edgar, Direktur Asosiasi Social Science Research Institute with the Child Study Center, sifat pemalu bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan orangtua.

“Saya tidak pernah didatangi orangtua yang cemas karena anaknya punya banyak sekali teman, karena orangtua melihat itu sebagai hal yang ideal. Tapi kalau anak pemalu, hanya punya satu atau dua orang teman, itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Itu hanya kepribadian anak Anda,” kata Koraly.

2. Hindari Melabeli Anak

Saran kedua datang dari Kasey Rangan, praktisi perawat anak di Children’s Hospital Los Angeles. Orangtua harus menghindari melabeli anak dengan sebutan pemalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)