Agar Terhindar dari Pneumonia, Jangan Lupa Selalu Mencuci Tangan

Jum'at, 18 Juni 2021 - 18:38 WIB
loading...
Agar Terhindar dari Pneumonia, Jangan Lupa Selalu Mencuci Tangan
Pneumonia disebabkan terjadinya infeksi akibat bakteri, virus atau kuman yang terkontaminasi dengan paru-paru sebagai organ pernapasan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Pneumonia disebabkan terjadinya infeksi akibat bakteri, virus atau kuman yang terkontaminasi dengan paru-paru sebagai organ pernapasan. Maka menjaga kebersihan adalah hal yang paling penting agar terhindar dari penyakit tersebut.

Baca juga: Gary Iskak Dirawat di Rumah Sakit Idap Kanker Hati

"Salah satu penyebab pneumonia adalah infeksi . Infeksi ini bisa disebabkan ketika kita bersinggungan secara langsung, atau tidak langsung dengan kuman," ujar Spesialis Paru RS. Mitra Keluarga Cibubur, dr. Wahyu Antono saat Webinar Cegah Pneumonia Sejak Dini, Jumat (18/6).

Dia melanjutkan, benda-benda di sekeliling bisa menjadi pemicu adanya bakteri. Seperti memegang pintu, handphone, meja, kursi hingga peralatan rumah sakit yang belum tentu benar-benar steril.

Oleh karena itu, dr. Wahyu menyarankan, setelah memegang sesuatu dianjurkan untuk segera membersihkan tangan. Bisa menggunakan hand sanitizer, atau memakai sabun dan mencucinya dengan air mengalir.

Akan tetapi, setelah menggunakan hand sanitizer terlalu sering, maka sebaiknya mencuci tangan kembali supaya kulit tidak menjadi kering karena alkohol.

"Ketika sudah menggunakan hand sanitizer, maka disarankan untuk mencuci tangan, karena nantinya tangan akan menjadi kering," terangnya.

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini sebagian besar masyarakat sudah paham bagaimana cara membersihkan tangan dengan baik, dan benar.

Selain itu mencuci tangan agar tetap bersih sudah menjadi kebiasaan, supaya terhindar dari paparan Covid-19. Di mana hingga saat ini belum berakhir, malahan bermutasi dan menciptakan varian virus baru.

Sebagai pengetahuan, pneumonia menjadi penyakit pembunuh kelima terbesar di dunia. Kemudian menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), pneumonia sebagai penyebab kematian bayi nomor satu di dunia.

Baca juga: Covid-19 di Indonesia Mengganas, Dokter Sarankan Tekan Kasus dengan 5 Hal Ini

"Kalau dilihat dari berbagai penelitian, baik di dalam maupun luar negeri, juga kita lihat rata-rata pneumonia ini jadi salah satu penyebab kematian," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)