Kenapa Betawi Identik dengan Jakarta? Begini Sejarah Singkatnya

loading...
Kenapa Betawi Identik dengan Jakarta? Begini Sejarah Singkatnya
Sejak zaman kolonial Belanda, orang Betawi sudah ada di wilayah Jayakarta dan Sunda Kelapa yang kini menjadi Jakarta. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati setiap 22 Juni. Tahun ini, Ibu Kota Indonesia tersebut menginjak usia ke-494.

Baca juga: Daftar Artis Tersandung Kasus Pelecehan Seksual, Nomor 4 Sampai Dipenjara

Kota ini identik dengan Betawi , yang merupakan suku dari Jakarta. Suku Betawi atau orang Betawi bermukim di Jakarta dan daerah-daerah penyangganya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Sejak zaman kolonial Belanda, orang Betawi sudah ada di wilayah Jayakarta dan Sunda Kelapa yang kini menjadi Jakarta. Dan sejak itu tempat tinggal orang Betawi tidak pernah berpindah-pindah.



Dikutip dari buku 'Masyarakat dan Budaya', persebaran suku Betawi yang cukup masif di beberapa wilayah ini menjadikannya memiliki banyak kebiasaan dan adat istiadat.

Dikutip dari pelbagai sumber resmi, bahwa suku Betawi mulai terbentuk pada abad ke-17, dan merupakan hasil akulturasi dari beberapa suku seperti Sumatera, Bali, Arab, China hingga Portugis.

Dikarenakan berasal dari berbagai latar belakang, penduduk ini mulai mencari identitas kelompok agar terbentuk masyarakat yang homogen dengan sendirinya.

Nama Betawi pun muncul, dan merupakan pemberian dari pihak Belanda. Usut punya usut, Betawi diambil dari nama Jakarta pada masa itu, yakni Batavia. Julukan kaum Betawi juga mulai populer pada 1918, saat Mohammad Husni Tamrin membentuk 'Kaum Betawi'.

Sejarah lain yang diungkap situs resmi Setu Babakan, bahwa orang Betawi selanjutnya mulai mencari tempat tinggal layak. Mulanya, mereka memutuskan untuk menghuni kawasan pesisir. Kemudian bergerak lagi ke tengah hingga pinggir kota.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top