China Klaim Sudah Berikan Semiliar Dosis Vaksin Covid-19 buat Rakyatnya, Bagaimana Caranya?

loading...
China Klaim Sudah Berikan Semiliar Dosis Vaksin Covid-19 buat Rakyatnya, Bagaimana Caranya?
Dengan dosis tersebut, China nyaris mencapai 40 persen dari total vaksinasi di seluruh dunia. / Foto: ilustrasi/voanews
JAKARTA - China mengklaim semiliar dosis vaksin Covid-19 sudah diberikan bagi rakyatnya. Angka capaian tertinggi di dunia saat ini dan ternyata ada taktik pemerintah agar bisa mencapai semiliar dosis tersebut.

Baca juga: Jadi Obat Terapi buat Pasien Covid-19, Apa Itu Ivermectin?

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) mencatat detail angkanya adalah 1.010.489.000 dosis vaksin per Sabtu (19/6), menurut laporan CNN. Dengan dosis tersebut, China nyaris mencapai 40 persen dari total vaksinasi di seluruh dunia.

Ya, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 2,62 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di seluruh dunia dan semiliarnya adalah angka yang didapat dari vaksinasi Covid-19 di China.



Pergerakan vaksinasi Covid-19 di China sangat pesat. Padahal, menurut beberapa sumber, China sedikit terlambat dibandingkan Amerika Serikat yang mulai duluan.

Menjadi pertanyaan dan tentunya pembelajaran bagi bangsa Indonesia, apa rahasia cakupan vaksinasi Covid-19 di China begitu besar?

Menurut laporan The Guardian, awal Maret 2021, ketika tingkat vaksinasi Covid-19 di Inggris telah mencapai 30 persen dari populasi, pakar pernapasan terkemuka di China, Zhong Nanshan mengungkapkan bahwa angka vaksinasi di China baru 3,56 persen.

Rendahnya tingkat vaksinasi Covid-19 di negara dengan populasi 1,4 miliar orang itu membangkitkan gelora pemerintah untuk memasifkan vaksinasi. Terlebih, varian baru Covid-19 semakin menyebar di banyak negara.

Zhong kemudian berjanji bahwa akhir Juni cakupan vaksinasi Covid-19 di China akan mencapai angka 40 persen. "Kami tak punya banyak waktu dan kami masih memiliki pekerjaan lain yang harus diselesaikan," terangnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top