China Klaim Sudah Berikan Semiliar Dosis Vaksin Covid-19 buat Rakyatnya, Bagaimana Caranya?

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:02 WIB
loading...
China Klaim Sudah Berikan Semiliar Dosis Vaksin Covid-19 buat Rakyatnya, Bagaimana Caranya?
Dengan dosis tersebut, China nyaris mencapai 40 persen dari total vaksinasi di seluruh dunia. / Foto: ilustrasi/voanews
A A A
JAKARTA - China mengklaim semiliar dosis vaksin Covid-19 sudah diberikan bagi rakyatnya. Angka capaian tertinggi di dunia saat ini dan ternyata ada taktik pemerintah agar bisa mencapai semiliar dosis tersebut.

Baca juga: Jadi Obat Terapi buat Pasien Covid-19, Apa Itu Ivermectin?

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) mencatat detail angkanya adalah 1.010.489.000 dosis vaksin per Sabtu (19/6), menurut laporan CNN. Dengan dosis tersebut, China nyaris mencapai 40 persen dari total vaksinasi di seluruh dunia.

Ya, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 2,62 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di seluruh dunia dan semiliarnya adalah angka yang didapat dari vaksinasi Covid-19 di China.

Pergerakan vaksinasi Covid-19 di China sangat pesat. Padahal, menurut beberapa sumber, China sedikit terlambat dibandingkan Amerika Serikat yang mulai duluan.

Menjadi pertanyaan dan tentunya pembelajaran bagi bangsa Indonesia, apa rahasia cakupan vaksinasi Covid-19 di China begitu besar?

Menurut laporan The Guardian, awal Maret 2021, ketika tingkat vaksinasi Covid-19 di Inggris telah mencapai 30 persen dari populasi, pakar pernapasan terkemuka di China, Zhong Nanshan mengungkapkan bahwa angka vaksinasi di China baru 3,56 persen.

Rendahnya tingkat vaksinasi Covid-19 di negara dengan populasi 1,4 miliar orang itu membangkitkan gelora pemerintah untuk memasifkan vaksinasi. Terlebih, varian baru Covid-19 semakin menyebar di banyak negara.

Zhong kemudian berjanji bahwa akhir Juni cakupan vaksinasi Covid-19 di China akan mencapai angka 40 persen. "Kami tak punya banyak waktu dan kami masih memiliki pekerjaan lain yang harus diselesaikan," terangnya.

Tanpa memetakan jalan untuk mencapai 'herd immunity', program vaksinasi massal nasional mulai beraksi tiga minggu setelah janji Zhong tersebut. Setiap provinsi dan kota merancang sendiri program vaksinasi massalnya untuk memcapai target dan saling bersaing.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1347 seconds (10.177#12.26)