3 Gejala Serangan Jantung pada Tangan yang Harus Diwaspadai

Rabu, 23 Juni 2021 - 06:00 WIB
loading...
3 Gejala Serangan Jantung pada Tangan yang Harus Diwaspadai
3 Gejala Serangan Jantung pada Tangan yang Harus Diwaspadai. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Gejala serangan jantung bisa dilihat dari tangan. Menurut WebMD, salah satu gejala serangan jantung adalah memiliki ruam bergelombang warna kuning orange di jari.

Ini menunjukkan kadar trigliserida yang sangat tinggi. Di mana kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan di sekitar buku-buku jari.

"Banyak lemak ini dalam darah mungkin berperan dalam pengerasan arteri Anda," jelas WebMD dilansir dari Express, Rabu (23/6).

Tingkat trigliserida tinggi diketahui berkontribusi pada risiko terkena penyakit jantung dan peredaran darah. Indikasi lain yang potensial dari penyakit jantung dapat dilihat pada kuku.


Jika jari Anda tidak pernah terbentur, tetapi ada bintik hitam di bawah kuku, itu bisa menjadi tanda peringatan masalah jantung.

"Titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku Anda bisa menunjukkan infeksi pada lapisan jantung atau katup Anda, yang disebut endokarditis," kata WebMD.

WebMD menambahkan bahwa jari biru atau abu-abu bisa menjadi indikasi masalah dengan jantung. Perubahan warna seperti itu bisa jadi akibat buruknya sirkulasi darah yang kaya oksigen.

Ini bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang tersumbat, yang mana menjadi ciri khas penyakit jantung.


"Pola berenda, berbintik-bintik, ungu muncul ketika potongan-potongan plak kolesterol yang terbentuk pecah, lalu tersangkut di pembuluh darah kecil," catat WebMD.

"Anda mungkin mendapatkan bercak berdarah tepat di bawah kulit di bagian dalam tangan Anda ketika Anda menderita endokarditis," sambungnya.

Sementara itu, cara terbaik untuk meminimalkan risiko serangan jantung adalah makan dengan sehat, berolahraga, tidak merokok, dan menjaga tekanan darah serta gula darah tetap terkendali.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)