Saling Bersinergi, Pengelola Homestay Sekitar Borobudur Diminta Perbaiki Kualitas

Senin, 28 Juni 2021 - 23:11 WIB
loading...
Saling Bersinergi, Pengelola Homestay Sekitar Borobudur Diminta Perbaiki Kualitas
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong para pemilik homestay berlomba-lomba dalam memperbaiki kualitas dan pelayanan bagi wisatawan yang datang. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar para pengelola homestay di sekitar Candi Borobudur untuk saling bersinergi dalam membangkitkan pariwisata, salah satunya dengan tidak melakukan perang harga.

Baca juga: Tanda Saturasi Oksigen Rendah dan Normal pada Pasien Covid-19

Menparekraf Sandi justru mendorong para pemilik homestay berlomba-lomba dalam memperbaiki kualitas dan pelayanan bagi wisatawan yang datang.

"Kalau harga, saya berikan instruksi jangan perang harga. Pokoknya jangan bersaing, teman-teman kita bukan menjadi pesaing, tapi adalah teman-teman untuk membangkitkan pariwisata. Sepakati harga yang pantas dan patuhi. Yang kita perlombakan adalah kualitas dari pelayanannya," kata Sandiaga dalam keterangannya,Minggu (28/6).

Sandi berharap, para pengelola homestay tidak melakukan banting harga. Penerapan tarif sesuai standar, kata Sandiaga, justru akan menjadikan homestay berbasis desa wisata ini bisa berkembang.

"Jangan sampai kita banting harga dan akhirnya ini akan mematikan atau berlomba-lomba menaikkan harga, juga jangan seperti itu. Biarkan sesuai dengan standar yang sudah disampaikan. Tuksongo cantik, nanti Bojong juga seperti ini, kita harapkan kebangkitan dari pariwisata ini adalah di desa-desa wisata," paparnya.

Sandiaga mengatakan, homestay yang dibangun pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR di sekiar Candi Borobudur merupakan bagian dari upaya membangkitkan pariwisata nasional.

Kemenparekraf sendiri akan melengkapi fasilitas homestay untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Kantongi Izin WHO, BPOM Mulai Lakukan Uji Klinik Ivermectin

"Jadi PUPR yang membangun, nanti Parekraf melalui pendekatan kolaborasi akan membantu pemilik homestay untuk kelengkapan-kelengkapan dari homestaynya termasuk juga peningkatan pengelolaan dan kemampuan pengelolaan," tuntasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)