Tak Lekang Waktu, Begini Sejarah Singkat Perkembangan Celana Jeans

Selasa, 29 Juni 2021 - 21:54 WIB
loading...
Tak Lekang Waktu, Begini Sejarah Singkat Perkembangan Celana Jeans
Dari sekian banyak fashion item yang ada, celana jeans bisa dibilang salah satu yang tak pernah lekang oleh waktu. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Dari sekian banyak fashion item yang ada, celana jeans bisa dibilang salah satu yang tak pernah lekang oleh waktu. Secara style, jeans pun cocok dikenakan baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Baca juga: Bawa Keberuntungan Bagi Peserta, Saksikan Serunya Mikrofon Impian Hanya di Vision+

Namun siapa sangka, celana berbahan jeans ternyata punya sejarah yang panjang dan cukup historikal dalam perkembangannya. Di channel YouTube 3Second TV dalam program 3Logyshow, hal itu diulas secara lengkap dan menyeluruh. Berikut ulasannya.

Sejarah Perkembangan

Kata jeans sendiri sudah muncul sejak 1800-an. Kala itu, jeans dikenal untuk sebutan pabrik berbahan 100% cotton. Di abad 20, jeans mengalami perubahan makna menjadi garment.

Sebelum menjadi item fesyen seperti sekarang, jeans ternyata awalnya banyak digunakan untuk pekerjaan berat seperti para pekerja tambangatau mereka yang bekerja di medan berat. Celana jeans awalnya dibuat berfungsi untuk melindungi para pekerja dari meterial tambang yang kasar.

Bahan jeans kali pertama muncul di Genoa, Italia dan Nimes, Prancis. Celana berbahan jeans sendiri awalnya dibuat penjahit bernama Jacob W. Davis untuk memenuhi kebutuhan pekerja tambang. Di zaman itu jeans juga hanya memiliki dua varian warna, yakni jeans hanya memiliki 2 varian warna, yaitu blue indigo dan cotton duck.

Seiring berjalannya waktu,tren celana jeans mulai mendunia sejak dikenakan pemain film ternama di Hollywood seperti Tom Hix pada 1920 di film The Untamed, John Wayne di film Stagecoach, dan Garry Cooper di film The Westerner. Sejak saat itu, jeans mulai berkembang menjadi budaya counter culture hingga akhirnya celana jeans mulai banyak dikenakan sebagai item wajib dunia fashion mancanegara.

Fitur Dasar

Pada umumnya, celana jeans memiliki fitur-fitur dasar seperti zipper, rived, arcuate, dan watch pocket yang merupakan saku berukuran kecil yang biasa terdapat dibagian atas saku utama dari celana jeans.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)