Si Kecil Terpapar Covid-19, Ini 14 Tips Perawatan Isolasi Mandiri di Rumah!

Kamis, 01 Juli 2021 - 10:18 WIB
loading...
Si Kecil Terpapar Covid-19, Ini 14 Tips Perawatan Isolasi Mandiri di Rumah!
Covid-19 kini mulai menyerang anak-anak. Orang tua harus tahu bagaimana cara merawatnya saat isolasi mandiri di rumah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia , makin banyak juga anak yang terinfeksi Covid-19. Memang anak-anak dinilai memiliki risiko rendah apabila terinfeksi Covid-19. Meski demikian, perlu diingat bahwa anak-anak tidaklah kebal dan bisa terbebas dari Covid-19. Data yang dihimpun Pemrov DKI Jakarta pada 17 Juni 2021, tercatat ada 661 kasus Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun.

Bahkan sebanyak 144 di antaranya adalah kelompok anak di bawah lima tahun (Balita). Mengenaskannya lagi hingga saat ini tidak semua rumah sakit menyediakan perawatan khusus bagi kelompok anak-anak yang terinfeksi Covid-19.

Oleh sebab itu isolasi mandiri pada anak yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala, menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan oleh para orangtua. Merangkum dari laman Instagram Pemprov DKI, @dkijakarta, Kamis (1/7/2021), berikut tips isolasi mandiri jika anak terinfeksi Covid-19.

Baca Juga : Jangan Panik Jika Anak Terinfeksi Covid-19, Ini yang Harus Anda Lakukan!

1.Tentukan zona pasien dan pisahkan dengan zona bersih di rumah, meliputi kamar tidur, kamar mandi, dan area bermain anak. Bila tidak memungkinkan zona terpisah, upayakan jarak minimal satu meter dengan anak yang sakit.

2.Upayakan ventilasi yang baik untuk pergantian udara.

3.Bila harus memakai kamar mandi bersama, upayakan anak yang positif memakai paling akhir dan beri jarak dengan pemakai kamar mandi berikutnya.

4.Anak usia 2 tahun ke atas atau yang sudah pandai menggunakan masker, dianjurkan menggunakan masker dengan tepat.

5.Berikan 'istirahat masker' apabila anak di ruang sendiri.

6.Masker tidak perlu digunakan pada anak kecil saat tidur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)