Saturasi Oksigen Anda di Angka 94%, Jangan Panik, Lakukan 4 Langkah Ini

Sabtu, 03 Juli 2021 - 21:09 WIB
loading...
Saturasi Oksigen Anda di Angka 94%, Jangan Panik, Lakukan 4 Langkah Ini
Secara garis besar saturasi oksigen dapat diartikan sebagai tingkat persentase hemoglobin yang terikat oksigen atau oksihemoglobin di dalam darah. / Foto: ilustrasi/SciTech Daily
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 meningkat dengan pesat di Tanah Air. Banyak pasien yang terinfeksi Covid-19 baik dengan gejala maupun tanpa gejala (OTG).

Baca juga: Enggak Perlu Bingung, Begini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Anda

Pada kasus infeksi Covid-19 dengan gejala ringan maupun tak bergejala, salah satu tanda yang bisa dikenali adalah dengan melakukan pengecekan besaran saturasi oksigen dalam tubuh seseorang.

Sebagaimana diketahui, saturasi oksigen adalah nilai yang digunakan sebagai tolak ukur kesehatan untuk mengukur besarnya kadar oksigen di dalam darah. Tingkat persentase hemoglobin yang terikat oksigen atau oksihemoglobin di dalam darah.

Secara garis besar saturasi oksigen dapat diartikan sebagai tingkat persentase hemoglobin yang terikat oksigen atau oksihemoglobin di dalam darah.

Seseorang dikatakan memiliki kadar oksigen tinggi apabila memiliki tekanan parsial oksigen di atas 120mmHg. Sementara saturasi oksigen orang normal ada di kisaran 95-100%, dengan tekanan parsial antara 80-100mmHg. Sedangkan kadar oksigen rendah ada di bawah 95% dengan tekanan parsial di bawah 80mmHg. Lantas apa yang harus dilakukan jika saturasi oksigen seseorang menunjukkan angka 94%?

Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Umum, dr. Adrian Setiaji membagikan unggahan video di akun TikTok pribadinya @doktermedok mengenai cara meningkatkan saturasi oksigen di bawah 94%. Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak panik, dan segera mencoba empat cara yang bisa dilakukan.

1. Cek ulang lagi

Pastikan pemasangan pulse oxymetri tepat dan jari tidak basah.

2. Posisi prone tengkurap

Berdasarkan penelitian, posisi ini dapat meningkatkan oksigenasi tubuh. Posisikan gaya ini selama 30 menit.

Bantal atau guling di pergelangan kaki supaya punggung rileks, dan bantal di bawah perut supaya punggung rileks dan tidak menekan dada.

3. Posisi setengah duduk

Posisikan bentuk ini selama 30 menit, bisa juga sambil bersandar di tembok atau pinggir ranjang.

Baca juga: Antisipasi Kenaikan Sangat Tinggi, Menkes Rilis Harga Eceran 11 Obat Covid-19

4. Latihan pengembangan dada (chest expansion)

Ambil napas dari hidung, buang lewat mulut. Lakukan perlahan 10-15 kali.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)