Tabung Oksigen Langka, Epidemiolog UI Sarankan Distribusi yang Lebih Cepat

Minggu, 04 Juli 2021 - 18:10 WIB
loading...
Tabung Oksigen Langka, Epidemiolog UI Sarankan Distribusi yang Lebih Cepat
Foto Ilustrasi/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
JAKARTA - Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia yang membuat tenaga medis kewalahan tengah menjadi keprihatinan banyak pihak. Ditambah lagi, pasokan tabung oksigen saat ini mengalami kelangkaan.

Lantas, apakah pemerintah harus turun langsung untuk menggelar operasi besar-besaran?



Epidemiolog Universitas Indonesia dr. Pandu Riono mengatakan, tidak perlu ada operasi besar-besaran oleh pemerintah. Namun, pemerintah bisa melakukan tindakan lain. Misalnya, pendistribusian yang lebih cepat.

"Tinggal distribusi yang lebih cepat dan antisipasi," ujarnya saat dihubungi MNC Portal, Minggu (4/7).

Bukan hanya tabung oksigen yang langka. Obat-obatan pun mulai dijual dengan banderol harga yang relatif lebih tinggi. Khususnya obat untuk COVID-19, di mana masyarakat mengeluhkan harga yang diberlakukan terbilang tak masuk akal.

Kemudian dr. Pandu menyarankan agar pemerintah mengeluarkan pernyataan untuk melarang penjualan obat dengan harga tinggi. Serta pelarangan untuk menjual obat-obatan berdosis tinggi secara bebas. "Tidak perlu operasi, cukup dilarang jualan obat keras secara bebas," katanya.



Ia menambahkan, varian baru COVID-19 lebih berbahaya dan cepat dalam penularannya. Sehingga masyarakat diimbau agar lebih ketat melakukan protokol kesehatan (prokes). "Mutan-mutan lebih mudah menular," imbuhnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)