Agar Buah Hati Tidak Tertular, Ini Tips Aman Ibu Positif Covid-19 saat Menyusui

Rabu, 07 Juli 2021 - 16:41 WIB
loading...
Agar Buah Hati Tidak Tertular,  Ini Tips Aman Ibu Positif Covid-19 saat Menyusui
Kementerian Kesehatan menginformasikan kepada masyarakat melalui media sosialnya bahwa ibu positif Covid-19 tetap boleh memberikan ASI ke bayinya. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan menginformasikan kepada masyarakat melalui media sosialnya bahwa ibu positif Covid-19 tetap boleh memberikan ASI ke bayinya. Informasi ini sejalan dengan masih banyaknya kekhawatiran ibu menyusui memberikan ASI ke bayinya.

Baca juga: Usai PPKM Darurat Berakhir, IDAI Minta Mal Lakukan Pengetatan Terhadap Anak-Anak

" Ibu menyusui yang positif Covid-19 masih tetap boleh memberikan ASI untuk buah hatinya," terang Kemenkes di media sosialnya, Rabu (7/7).

Namun, Kemenkes menekankan bahwa ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan para busui (ibu menyusui) sebelum memberikan ASI ke bayinya. Ini penting agar si ibu tidak menularkan virus ke buah hati saat menyusui.

"Yang perlu diperhatikan adalah saat memberikan ASI, ibu harus tetap melakukan protokol kesehatan ketat dan tidak mengalami gejala yang berat. Jadi, ibu masih bisa menyusui langsung," tambah informasi tersebut.

Secara lebih detail, ada 3 poin yang harus dilakukan seorang ibu sebelum memberikan ASI:

1. Selalu memakai masker saat menyusui dan merawat bayi.

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi.

3. Membersihkan dan mendesinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh ibu dan bayi.

Kondisi berbeda jika si ibu merasa lemah dan tidak memiliki kekuatan untuk menyusui langsung, disarankan Kemenkes, ibu bisa memberikan ASI ke bayi dengan ASI perah (ASIP) baik oleh si ibu atau anggota keluarga lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)