alexametrics

Sulit Atasi Sariwan? Gunakan 5 Bahan Rumahan Ini

loading...
Sulit Atasi Sariwan? Gunakan 5 Bahan Rumahan Ini
Sariawan menjadi masalah ringan, tetapi sangat mengganggu hingga membuat Anda sulit makan dan minum. Ada beberapa obat rumahan yang bisa mengatasi masalah tersebut. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Sariawan menjadi masalah ringan, tetapi sangat mengganggu. Kondisi ini sering dijumpai di lidah, bagian dalam pipi dan di bibir bagian dalam yang dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi, hingga membuat Anda sulit makan dan minum.

Ada beberapa faktor tertentu yang dapat memicu sariawan, seperti infeksi bakteri, virus atau jamur, penggunaan pasta gigi dan pembilas mulut yang mengandung natrium lauril sulfat, hingga defisiensi vitamin B12, dan zat besi.

Namun, sering kali sariwan ini sulit diatasi. Padahal, Anda bisa menggunakan bahan rumahan untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti dilansir Boldsky, berikut bahan-bahan yang mudah dijumpai di rumah untuk meredakan sariawan.



1. Es batu
Es akan membuat area yang terkena sariawan akan mati rasa dan mengurangi rasa sakit, Balut beberapa es batu dengan handuk lalu oleskan pada sariawan.

2. Bilas air garam
Garam memiliki Sifat-sifat antibakteri dan antimikroba dan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan, Larutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air lalu kumur dengan air tersebut selama 15 hingga 30 detik dan keluarkan.

3. Madu
Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan antimikroba sehingga dapat membantu mengurangi ukuran ulkus, rasa sakit dan kemerahan. Anda bisa Oleskan madu empat kali sehari.

4. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu penyembuhan sariawan dengan cepat. Menurut sebuah penelitian, gel dari lidah buaya efektif dalam menurunkan ukuran ulkus, nyeri dan peradangan.

5. Bawang putih
Bawang putih diyakini dapat membantu mengurangi sariawan karena adanya kandungan allicin, yaitu senyawa bioaktif yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri dan antimikroba. Anda bisa Gosok satu siung bawang putih pada area yang sakit dengan sangat lembut selama satu hingga dua menit.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak