3 Herbal Perkuat Daya Tahan Tubuh Selama Isolasi Mandiri Lawan Corona

Jum'at, 16 Juli 2021 - 15:29 WIB
loading...
3 Herbal Perkuat Daya Tahan Tubuh Selama Isolasi Mandiri Lawan Corona
3 Herbal Perkuat Daya Tahan Tubuh Selama Isolasi Mandiri Lawan Corona. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Sejumlah herbal dipercaya dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh selama isolasi mandiri untuk melawan virus corona . Herbal tersebut di antaranya meniran, daun kelor dan kunyit.

Sebagaimana diketahui, Indonesia terkenal dengan aneka herbalnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sejumlah herbal tertentu tentunya bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama isolasi mandiri.

Selain berkhasiat, herbal berasal dari tumbuhan alami sehingga aman dikonsumsi. Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, M.Si menjelaskan herbal yang tersedia tak sedikit mengandung imunomodulator yang baik untuk tubuh.

Imunomodulator adalah zat yang berfungsi untuk memodifikasi respon daya tahan tubuh terhadap antigen yang mengancam kesehatan, baik dari dalam tubuh maupun luar tubuh.


“Imunomodulator ini bekerja dengan menstimulasi mekanisme pertahanan spesifik dan non-spesifik. Selain itu, imunomodulator juga berperan sebagai imunostimulan, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh," kata dr. Inggrid lewat siaran resminya, Jumat (16/7).

"Konsumsi imunomodulator untuk tingkatkan daya tahan tubuh sangat penting, terlebih saat ini muncul beberapa varian baru Covid-19 yang lebih mudah menular,” sambungnya.

Masyarakat bisa mendapatkan zat imunomodulator melalui konsumsi herbal meniran, daun kelor dan kunyit, baik dalam bentuk segar maupun produk siap minum. Sebab, meniran terbukti secara ilmiah sebagai imunostimulan yang berfungsi meningkatkan sistem imun, sementara daun kelor kaya akan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Kunyit juga memegang peranan untuk membantu memelihara sistem saluran pencernaan sehingga membantu penyerapan nutrisi lebih baik. Konsumsi imunomodulator alami dari ketiga herbal tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang dan tanpa batas durasi maksimal,” tuntasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)