alexametrics

Meski di Rumah Saja, Jangan Lupa untuk Tetap Jaga Kebugaran

loading...
Meski di Rumah Saja, Jangan Lupa untuk Tetap Jaga Kebugaran
Guna menjaga kebugaran di sela bekerja dari rumah, perlu memprioritaskan olahraga agar tercipta lingkungan kerja yang positif. / Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah telah menginstruksikan masyarakat untuk melakukan kegiatan dan aktivitas di rumah saja, seperti belajar, beribadah hingga bekerja (work from home). Kebijakan ini pun memengaruhi rutinitas kegiatan sehari-hari, sehingga dapat menyebabkan munculnya stres atau kecemasan.

Atlet Olimpiade Inggris sekaligus Vice President Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton mengatakan, bagi sebagian orang bekerja dari rumah adalah sebuah pengalaman baru.

"Di mana ternyata kita lebih sibuk sepanjang hari dibanding waktu normal, sehingga melewatkan kesempatan untuk tetap menjaga kebugaran. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menemukan cara-cara kreatif agar dapat tetap berolahraga di tengah kewajiban Anda bekerja dari rumah," tutur Samantha melalui pernyataan tertulis, Rabu (27/5).



Menurutnya, mempertahankan rutinitas sama pentingnya dengan melakukan latihan yang konsisten guna mencapai tingkat kebugaran yang stabil. Saat ini, perlu untuk terus mengembangkan atau paling tidak menjaga rutinitas atau budaya kerja secara konsisten. "Hal ini untuk menghindari munculnya kebiasaan buruk yang akan menghambat motivasi bekerja Anda," kata dia.

Mungkin Anda akan merasa tergoda untuk bekerja dari atas tempat tidur dengan masih menggunakan baju tidur Anda. Tapi sebelum Anda melakukannya, perlu diketahui bahwa apa yang akan Anda lakukan ini dapat merusak kebiasaan kerja dan menciptakan suasana kerja yang kurang bagus.

Sebaiknya Anda tetap konsisten melakukan rutinitas kerja normal Anda dengan tetap bangun pagi, mandi, berpakaian kerja, minum kopi atau teh, mengatur meja kerja Anda dan bekerja seperti biasanya. "Menjaga rasa normal ini akan membantu Anda tetap fokus pada tugas-tugas Anda," ungkap Samantha.

Guna menjaga kebugaran di sela bekerja dari rumah, perlu memprioritaskan olahraga agar tercipta lingkungan kerja yang positif. Kendati Anda lebih mempedulikan untuk menyelesaikan pekerjaan daripada melakukan olahraga, sebenarnya Anda tetap perlu menyediakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

Apabila Anda menjadikan olahraga sebagai bagian dari jadwal harian Anda, nantinya olahraga akan menjadi sesuatu yang Anda butuhkan di tengah hari-hari kerja yang monoton. Sebagai tambahan, ada penelitian yang menghubungkan duduk untuk waktu yang lama dengan sejumlah masalah kesehatan yang dapat timbul seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan nyeri punggung.

Bahkan jika menjaga kesehatan bukan menjadi prioritas Anda, ketahuilah bahwa tubuh akan secara alami melakukan pelepasan endorfin selama melakukan olahraga sehingga akan meningkatkan mood Anda. Oleh karena itu, selama masa penuh tekanan seperti ini salah satu manfaat terbesar dari melakukan olahraga teratur adalah membuat Anda dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dan melalui kehidupan dengan perasaan yang lebih ringan.

"Jangan lupa bahwa bekerja dari rumah bukan berarti Anda tidak boleh melampaui batas, pastikan Anda meluangkan waktu ekstra ini di rumah untuk beristirahat dan bersantai," pungkas Samantha.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak