Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami, Kontrol Makanan

Selasa, 20 Juli 2021 - 20:02 WIB
loading...
Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami, Kontrol Makanan
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Kontrol Makanan. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan berat badan secara alami bisa dilakukan dengan mengontrol apa yang dimakan. Metode ini diyakini para ahli efektif menurunkan berat badan.

Menurut Dr. Robert Kushner selaku Direktur di The Center for Lifestyle Medicine, Northwestern Medicine Center di Chicago, Amerika Serikat, untuk menurunkan lebih banyak berat badan dalam waktu singkat, yang perlu dilakukan hanyalah konsentrasi saat makan .

“Setiap kali Anda makan, cobalah untuk konsentrasi dan mengontrol apa yang Anda makan,” ujar Kushner dilansir dari Today, Selasa (20/7).

Penulis buku Six Factors to Fit: Weight Loss that Works for You ini juga mengatakan bahwa masalah utama orang yang mencoba menurunkan berat badan adalah perilaku makan setiap hainya. Hanya dengan memperbaikinya dan mempraktikkan pola makan yang sadar dapat membantu mempercepat seluruh proses penurunan berat badan.

“Jadi, jika Anda mencoba menurunkan berat badan maka cobalah untuk lebih konsentrasi dan menikmati setiap gigitan dari apa yang Anda makan,” kata Kushner.


Kushner menyarankan untuk menghindari makan di depan televisi atau menggunakan gadget apa pun saat makan. Selanjutnya, minum segelas air sebelum makan. Kunyah makanan dengan benar sebelum menelannya. Hal-hal ini akan mengoptimalkan proses pencernaan.

Mengganti pola makan, menurut Kushner, dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan yang mengandung banyak serat dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga berpotensi menurunkan berat badan. Memasukkan banyak serat dalam makanan dapat meningkatkan perasaan kenyang yang berpotensi menyebabkan penurunan berat badan.

“Makanan kaya akan serat seperti sereal gandum, pasta gandum, roti gandum, oat, barley, gandum hitam, buah dan sayur-sayuran, kacang polong, buncis, dan biji-bijian,” jelas Kushner.

Mendapatkan istirahat yang cukup merupakan cara lain jika ingin menurunkan berat badan secara alami. Kushner menerangkan, ketika sedang tertidur lelap, tubuh akan bekerja menyembuhkan kerusakan sel, memperbaiki sistem pencernaan, dan membuat tampilan wajah menjadi lebih segar.

“Di sisi lain, jika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, hal tersebut akan mengakibatkan perubahan kadar hormon terutama korisol dan insulin yang dapat memicu obesitas,” ucap Kushner.


Kemudian ada beberapa cara lain yang perlu dilakukan untukmenurunkan berat badan secara alami. Di antaranya berolahraga , menjaga asupan kalori, sesekali berpuasa, dan mengurangi jumlah karbohidrat dalam makanan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)