Sundari Soekotjo Penyanyi Keroncong Era 1980-an, Begini Kehidupanya Sekarang

Rabu, 21 Juli 2021 - 12:33 WIB
loading...
Sundari Soekotjo Penyanyi Keroncong Era 1980-an, Begini Kehidupanya Sekarang
Sundari Soekotjo Penyanyi Keroncong Era 1980-an, Begini Kehidupanya Sekarang. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Sundari Soekotjo merupakan penyanyi keroncong ternama Indonesia era 1980-an . Sundari sudah mulai terjun ke kancah musik sejak kecil.

Pemilik nama lengkap Sundari Untinasih Soekotjo ini memiliki kecintaan pada musik keroncong dari sang ayah, Soekotjo Ronodihardjo. Ayahnya lah yang memperkenalkan musik keroncong dan kerap mengajaknya bernyanyi lagu-lagu keroncong.

Berawal dari kecintaan itu, nama Sundari Soekotjo mulai terkenal sebagai penyanyi keroncong di awal era 1980-an, usai dia memenangkan juara pertama bintang radio televisi pada festival tahun 1983.

Namanya semakin bersinar sebagai penyanyi keroncong usai menelurkan album keroncong perdananya berjudul Ingkar Janji di tahun 2002. Di tahun yang sama, dia juga menerima Keroncong Award 2002 yang diselenggarakan Yayasan Bina Suci dan Radio Republik Indonesia dan penghargaan khusus dari dewan kategorisasi di ajang AMI Sharp Award ke-6.

Lantas kini, bagaimana kehidupan Sundari Soekotjo sekarang? Berikut informasi selengkapnya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/7).


Seorang single parent

Sundari Soekotjo Penyanyi Keroncong Era 1980-an, Begini Kehidupanya Sekarang


Di luar karier menyanyinya, Sundari merupakan seorang ibu sekaligus single fighter dari putri satu-satunya, Intan Putri Permatasari atau Intan Soekotjo. Intan merupakan buah hatinya dari pernikahannya dengan seorang pilot bernama Arman Surjadi. Pernikahan itu kandas di tahun 2004, sehingga membuatnya menjadi seorang single parent atau orang tua tunggal.

Masih aktif bernyanyi

Sundari Soekotjo Penyanyi Keroncong Era 1980-an, Begini Kehidupanya Sekarang


Di usianya yang kini sudah 56 tahun, Sundari masih sering tampil bernyanyi keroncong. Hal itu tampak dari Instagram pribadinya, di mana dia terlihat masih aktif bermusik, bahkan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Belum lama ini, dia dan putrinya yang mengikuti jejaknya, tampil di Konser 7 Ruang Mengenang Sapardi Djoko Damono pada Agustus 2020.

Sundari dan Intan juga kerap tampil di konser-konser musik daring selama pandemi Covid-19. Sebelumnya, perempuan kelahiran 14 April 1965 ini bahkan menggelar konser akbar untuk merayakan 40 tahun berkarya. Konser bertajuk Senandung Keroncong Indonesia: Sundari Soekotjo 40 Tahun Berkarya ini diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta Selatan pada 21 April 2016.


Jadi dosen

Sundari Soekotjo Penyanyi Keroncong Era 1980-an, Begini Kehidupanya Sekarang


Selain berkarier di musik, Sundari juga aktif di dunia akademis. Dia tercatat pernah menjadi guru kesenian di SMA 38 Jakarta. Perempuan lulusan Universitas Negeri Jakarta ini saat ini aktif menjadi dosen di Institut Bisnis Nusantara.

“Ada rasa yang hilang ketika tidak bernyanyi.. Ada sesuatu yang membahagiakan ketika berbagi ilmu.. walau pandemi, tidak menghalangi untuk berdiskusi bersama para mahasiswa.. Saya bangga terhadap kalian, masih terus semangat belajar dan berkarya. Salam sehat,” tulis Sundari di Instagram.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2892 seconds (0.1#10.140)