Cara Bersihkan Rumah Saat Isolasi Mandiri, Jangan Sampai Salah!

loading...
Cara Bersihkan Rumah Saat Isolasi Mandiri, Jangan Sampai Salah!
Cara Bersihkan Rumah Saat Isolasi Mandiri, Jangan Sampai Salah! Foto/Northwell Health.
JAKARTA - Membersihkan rumah saat isolasi mandiri merupakan suatu keharusan. Terlebih, kasus Covid-19 yang terus melonjak sehingga diperlukan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan agar tidak tertular Covid-19 .

Namun, membersihkan rumah saat isolasi mandiri tidak boleh sembarangan. Lalu seperti apa cara membersihkan rumah saat isolasi mandiri?

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Jumat (23/7), sediakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk orang yang positif Covid-19 jika memungkinkan.

Sediakan perlengkapan pembersihan dan desinfektan khusus untuk orang yang sakit. Di ruang bersama, orang yang sakit harus membersihkan dan mendesinfeksi permukaan dan barang-barang setelah digunakan.



Baca Juga : Kapan Pasien Covid-19 Sembuh dan Tak Menular? Ini Kriterianya

Jika orang sakit tidak bisa membersihkan, kenakan masker dan minta orang sakit untuk memakai masker sebelum memasuki ruangan. Kenakan sarung tangan jika diperlukan untuk produk pembersih dan desinfeksi.

Bersihkan dan desinfeksi area di sekitar orang yang sakit jika diperlukan (jika area tersebut kotor) untuk membatasi kontak Anda dengan orang yang sakit. Buka pintu dan jendela luar, dan gunakan pengaturan kipas dan pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC) untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Setelah makan, kenakan sarung tangan saat menangani piring dan peralatan untuk orang yang sakit. Cuci piring dan peralatan dengan sabun dan air panas atau di mesin pencuci piring. Bersihkan tangan setelah melepas sarung tangan atau memegang barang bekas.

Gunakan tempat sampah khusus untuk orang yang sakit. Gunakan sarung tangan saat mengeluarkan kantong sampah dan menangani serta membuang sampah. Cuci tangan setelah membuang sampah.

Baca Juga : Ini Cara Agar Tes PCR Cepat Negatif Menurut Dokter
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top