Diabetes Tipe 2, Ini Buah yang Sebabkan Gula Darah Tinggi

Selasa, 27 Juli 2021 - 08:00 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Ini Buah yang Sebabkan Gula Darah Tinggi
Diabetes Tipe 2, Ini Buah yang Sebabkan Gula Darah Tinggi. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Beberapa buah dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi sehingga berisiko mengidap diabetes tipe 2 . Kunci untuk menjaga kadar gula darah adalah dengan berpikir hati-hati tentang pilihan makanan Anda.

Dokter Sarah Brewer menyarankan selalu periksa label makanan yang dibeli karena beberapa mengandung lebih banyak gula daripada yang diduga.

Dilansir dari Express, Selasa (27/7) beberapa makanan sehat memiliki dampak signifikan pada kadar gula darah dan ini dapat dinilai dari beban glikemiknya (GL).


Beban glikemik (GL) adalah ukuran yang memperhitungkan jumlah karbohidrat dalam porsi makanan bersama dengan seberapa cepat meningkatkan kadar gula darah.

Karbohidrat dipecah menjadi glukosa darah lebih cepat daripada kelompok makanan lain, meningkatkan risiko lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi.

Semakin tinggi beban GL, semakin nyata dampaknya terhadap kadar gula darah. Seperti buah kismis yang memiliki beban GL sangat tinggi. Menurut Brewer, makanan dengan nilai GL 20 atau lebih tergolong tinggi.


Kismis melebihi ambang batas ini, dengan peringkat 28. Penyebab GL tinggi lainnya termasuk kentang panggang, nasi putih, dan cornflake. Makanan dengan GL rendah dan berdampak lebih kecil pada gula darah yaitu roti gandum, aprikot kering, dan susu murni.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)