Turun Berok Bisa Sebabkan Kemandulan pada Pria, Waspada!

Rabu, 28 Juli 2021 - 20:06 WIB
loading...
Turun Berok Bisa Sebabkan Kemandulan pada Pria, Waspada!
Turun Berok Bisa Sebabkan Kemandulan pada Pria, Waspada! Foto/Keck Medicine of USC.
A A A
JAKARTA - Turun berok atau hernia bisa menyebabkan pria menjadi mandul . Namun sayang, penyakit ini banyak diabaikan penderitanya lantaran sering tanpa gejala.

Padahal, jika diabaikan terus menerus, tanpa dasadari turun berok bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius. Salah satunya kemandulan pada pria.

"Bisa saja (mandul). Karena hernia yang terjadi selama bertahun-tahun tanpa pengawasan bisa mengubah suhu testis," kata Spesialis Bedah Umum RS Premier Bintaro, dr. Jeremy Sebastian dikutip dari kanal YouTube RS Premier Bintaro, Rabu (28/7).



Variasi suhu testis, dr. Jeremy menjelaskan, bahwa bisa mengganggu proses produksi sperma. Bahkan parahnya variasi suhu testis bisa menghancurkan suhu sperma.

Oleh karena itu, semakin dini hernia terdeteksi dan dilakukan operasi, semakin kecil kemungkinan menyebabkan buruknya produksi sperma.

"Satu lagi katanya operasi pada hernia rentan bikin kemandulan, itu cuma mitos ya. Justru dengan operasi bisa mencegah ketidaksuburan akibat hernia," jelas dr. Jeremy.


"Selain itu operasi hernia juga dilakukan dengan metode laparoskopi atau lubang kecil saja. Jadi tidak melibatkan pembuluh darah atau saraf pada skrotum," sambungnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)