Lukman Sardi Pindah Agama Usai Umrah, Begini Perjalanan Spiritualnya

Sabtu, 31 Juli 2021 - 10:00 WIB
loading...
Lukman Sardi Pindah Agama Usai Umrah, Begini Perjalanan Spiritualnya
Lukman Sardi Pindah Agama Usai Umrah, Begini Perjalanan Spiritualnya. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Lukman Sardi mengaku pindah agama setelah menjalankan ibadah umrah . Perjalanan spiritualnya itu diungkapkan sang aktor dalam kanal YouTube Daniel Mananta Network.

Terlahir sebagai seorang muslim, Lukman menceritakan dirinya diajarkan menjadi muslim yang baik dan benar oleh kedua orang tuanya. Namun, keluarganya memiliki latar belakang yang beragam.

Suatu hari, pria kelahiran Jakarta, 14 Juli 1971 ini mendapat surat dari sang kakek yang berisi tentang kasih. Diakui Lukman, surat tersebut membekas dan berpengaruh besar dalam hidupnya selama ini.

"Sebenarnya opa gue yang paling nge-influence, gue ngerasa dia tuh orang yang jujur based on kasih. Dia tulis talk about kasih esensi paling besar kamu harus mengasihi semua orang. Gue merasa impact-nya gede buat gue," kata Lukman dikutip Jumat (30/7).

Ayah tiga anak itu diajarkan kedua orang tuanya salat lima waktu, membaca dan les Alquran. Namun, selama perjalanan tersebut, Lukman justru memiliki banyak pertanyaan dan tak pernah mendapat jawaban pasti dari semua pertanyaannya.


"Selama perjalanan itu timbul banyak pertanyaan. Guru gue selalu mention orang di luar agama gue harus masuk neraka. Kan katanya Tuhan Maha Besar, gue jadi bertanya kenapa dan gue nggak pernah nemu jawaban yang pas," ujar Lukman.

"Terus gua berpikir, kan katanya Tuhan itu Maha Besar kalo begitu kan berarti Tuhan kecil banget ya. Gua berpikir. Gua bertanya kenapa? Dan gua ga pernah dapat jawaban yang jelas, yang pas," sambungnya.

Hidup putra musisi Idris Sardi ini berubah saat menerima umrah dari Deddy Mizwar sebagai hadiah kesuksesan film yang dibintanginya yaitu Nagabonar . Lukman menjelaskan dirinya sempat bingung saat menerima hadiah tersebut, namun akhirnya memutuskan untuk berangkat umrah.

Saat di Tanah Suci, suami Pricillia Pullunggono tersebut tak bisa meraih dan mencium hajar aswad. Sempat merasa marah lantaran gagal, namun Lukman secara tiba-tiba teringat surat yang dibuat kakeknya hingga membuatnya menangis.

"Gue ngerasa marah banget. Gue nggak nyampe-nyampe, gue emosi. Tiba-tiba gue diingatkan tulisan opa gue itu tentang kasih, gue mikir apa ini yang gue jalanin. Gue ngejalanin itu ada orang jalan kayak gue kasih jalan, abis itu gue nangis sejadi-jadinya," jelas Lukman.


Setelah pulang umrah, pemeran Wakil Presiden Mohammad Hatta dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka ini semakin yakin untuk pindah agama dan memeluk kristen. "Gue pulang, gue udah bulat ini yang dijalani. Gue mikir lagi proses lagi, akhirnya memutuskan untuk pindah agama," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)