Sistem Pencernaan Manusia Harus Dijaga Agar Tetap Sehat, Begini Caranya!

loading...
Sistem Pencernaan Manusia Harus Dijaga Agar Tetap Sehat, Begini Caranya!
Sistem pencernaan harus selalu dijaga kesehatannya. Foto/Ist
JAKARTA - Sistem pencernaan manusia sangat penting untuk dijaga. Karena sistem pencernaan ini bekerja hampir 24 jam dalam sehari. Namun sayangnya banyak orang yang mengabaikannya. Akibatnya banyak masalah kesehatan yang muncul. Mulai dari diare, sembelit, hingga kanker usus.

Begitu pentingnya sistem pencernaan, sebaiknya jaga kesehatannya.Menjaga sistem pencernaan sebenarnya bukan perkara sulit. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Lantas bagaimana membut pencernaan kita tetap sehat? Berikut ini tipsnya!

Baca Juga : Khasiat Buah Semangka, Lancarkan Pencernaan Hingga Cegah Asma

1. Jangan asal pilih makanan



Apa yang kita makan menjadi salah satu kunci kesehatan pencernaan. Bila ingin pencernaan sehat, pilihlah makanan yang benar-benar sehat dan tanpa banyak tambahan pengawet, perasa, dan pemanis.Pasalnya bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan peradangan pencernaan.

2. Konsumsi cukup serat

Serat adalah salah zat yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Konsumsi makanan tinggi serat akan mengurangi risiko mengalami GERD, gangguan usus besar, atau luka di lambung . Serat bisa diperoleh dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan olahan whole grain lainnya yang kaya nutrisi.

3. Tetap terhidrasi

Kurang hidrasi bisa menyebabkan masalah di pencernaan, misalnya konstipasi alias sembelit. Untuk mencegah konstipasi dan masalah pencernaan lainnya, idealnya minum 1,5-2 liter cairan setiap harinya. Selain air putih, sayuran dan buah yang kaya air seperti timun, zucchini, tomat, melon, stroberi, atau peach juga bisa jadi alternatif makanan sehat dan baik untuk pencernaan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top