Menkes Targetkan 2 Juta Vaksinasi di Agustus, Ini Strateginya

Selasa, 03 Agustus 2021 - 09:49 WIB
loading...
Menkes Targetkan 2 Juta Vaksinasi di Agustus, Ini Strateginya
Menkes Targetkan 2 Juta Vaksinasi di Agustus, Ini Strateginya. Foto/Aldhi Chandra.
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tergetkan 2 juta vaksinasi di bulan Agustus. Untuk mencapai target tersebut, Budi sudah menyusun strategi.

Percepatan vaksinasi ini bertujuan agar cakupan vaksinasi bisa semakin luas sehingga semakin cepat tercipta kekebalan kelompok (herd immunity) .

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah memperbanyak jumlah vaksin dari luar negeri dan memperpendek stok vaksin yang sudah tersedia. Pemerintah menargetkan ingin melakukan vaksinasi hingga mencapai 2 juta dosis per hari di bulan Agustus.


Budi mengatakan telah mengirim sebanyak 13 juta dosis vaksin ke seluruh daerah di Indonesia pada pekan lalu. Sementara pada Agustus 2021, Indonesia akan kedatangan lebih dari 70 juta dosis vaksin Covid-19 .

"Jadi perkiraan stok vaksin yang ada di daerah bisa mencapai 80 juta pada Agustus. Kalau vaksinasi sebanyak 2 juta per hari, dikali 31 hari selama Agustus, berarti masih ada lebih vaksinnya," kata Budi saat jumpa pers, Senin (2/8).

Lebih lanjut, Budi berharap upaya pemerintah menggenjot vaksinasi Covid-19 hingga2 juta dosis per hari bisa tercapai dan berjalan dengan lancar. Ia pun menjelaskan bahwa pemerintah sebelumnya pernah mengalami kekurangan vaksinasi pada minggu ketiga di akhir Juli 2021.


"Hal ini disebabkan karena waktu itu TNI dan Polri cepat sekali menyuntiknya (vaksin Covid-19). Tapi minggu lalu kita sudah kirim lagi 13 juta dosis dan Agustus ini Indonesia akan kedatangan lebih dari 70 juta dosis vaksin Covid-19," tuntasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)