Vaksinasi Mampu Berikan Kekebalan Tubuh Lebih Maksimal

Rabu, 04 Agustus 2021 - 05:47 WIB
loading...
Vaksinasi Mampu Berikan Kekebalan Tubuh Lebih Maksimal
Vaksinasi jadi upaya yang terus digencarkan pemerintah untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 sekaligus membentuk herd immunity di engah masyarakat. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Vaksinasi jadi upaya yang terus digencarkan pemerintah untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 sekaligus membentuk herd immunity di tengah masyarakat. Namun usaha tersebut masih menghadapi beberapa rintangan seperti banyak hoaks mengenai vaksin sehingga masih banyak masyarakat yang ragu dan belum bersedia untuk di vaksin.

Baca juga: Doctor Strange Muncul di Lokasi Syuting Spider-Man: No Way Home

Padahal pemberian vaksin yang tersedia saat ini bisa mencegah gejala yang lebih berat jika seseorang terinfeksi virus Covid-19. Selain itu ketersediaan vaksin di Indonesia pun sudah mendapatkan jaminan halal dari MUI dan layak digunakan.

Researcher & Clinical Trial Team for Oxford Astrazeneca Covid-19 Vaccine, Indra Rudiansyah mengatakan, pada dasarnya vaksin adalah bagian dari virus atau seluruh virus yang dinonaktifkan untuk membantu mengajari tubuh melawan virus tersebut.

"Sebelum divaksinasi, tubuh kita punya seperangkat sistem imun yang belum kenal virus Sars Cov-2. Dengan vaksinasi, dimasukkan ke dalam tubuh untuk belajar menghadapi infeksi virus yang sebenarnya. Saat infeksi, tubuh kita sudah menarget virus tersebut untuk dilemahkan," ucap Indra dalam Bincang Media Virtual, belum lama ini.

Terkait masyarakat Indonesia yang percaya efikasi vaksin AstraZeneca lebih kuat dan punya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) besar, Indra menilai bahwa efek KIPI dari vaksin AZ sangat wajar karena seseorang bisa minum paracetamol untuk meringankannya.

Dia juga mengatakan, vaksin yang ada saat ini sangat baik karena tujuannya untuk menciptakan kekebalan kelompok dan sangat penting bagi seseorang untuk mendapatkan vaksinasi.

"Ada dua cara mencapai herd immunity, yaitu terpapar secara natural dan melalui vaksinasi. Sebagian populasi rentan untuk terpapar, punya kemungkinan menimbulkan korban jiwa, tapi jika kelompok yang sudah divaksin, virus tidak punya inangnya lagi sehingga memperkecil kemungkinan untuk bermutasi," terang pria penerima Djarum Beasiswa Plus dari Djarum Foundation tersebut.

Sementara itu, Dokter dan Direktur RS Harapan Sehat Bumiayu Brebes, dr Ursula Penny Putrikrislia mengungkapkan, vaksinasi adalah upaya paling efektif untuk memberikan kekebalan yang spesifik di mana saat vaksin dimasukkan, tubuh kita diajari untuk menangani dan melawan virus yang akan masuk nantinya.

"Yang penting dari vaksinasi adalah bukan hanya untuk tubuh kita sendiri tapi untuk orang lain juga, vaksin yang sudah masuk ke dalam tubuh kita mengunci virus dalam tubuh agar tidak bermutasi dan menularkan ke orang lain. Vaksinasi juga perlu dipercepat agar mencapai herd immunity," imbuh dr Penny.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)