Simak Tips Sederhana Mengatasi Kesepian, Nomor 3 Wajib Dicoba!

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 21:02 WIB
loading...
Simak Tips Sederhana Mengatasi Kesepian, Nomor 3 Wajib Dicoba!
Ilustrasi kesepian/istock photo
A A A
JAKARTA - Sebagai makhluk sosial, manusia tentu tidak dapat dipisahkan dengan individu lainnya. Siapa yang tidak suka jika hidupnya senantiasa 'ramai' dan dikelilingi oleh orang-orang terdekat? Namun terkadang dalam hidup ini, akan selalu ada masa dimana seseorang merasa kesepian walaupun sesungguhnya ia tidak benar-benar sendiri.

Hal tersebut sesungguhnya adalah perasaan yang wajar namun seringkali membawa dampak yang kurang baik, terlebih jika perasaan kesepian berlangsung terus menerus dan membawa psikis seseorang menjurus ke arah yang lebih serius seperti anxiety dan sebagainya

Lalu bagaimana jika seseorang benar-benar berada dalam kesepian? Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya simak tips dari Psikolog berlisensi Amerika Serikat Dr Michael Eason berikut ini!

1. Jujur Pada Diri Sendiri

Salah satu penyebab utama mengapa seseorang sering merasa kesepian adalah karena bisa jadi ia belum benar-benar memahami dirinya atau tidak jujur pada diri sendiri.

Baca Juga: Gara-gara Kesepian Ditinggal Istri, Pria di Pasuruan Nekat Culik dan Cabuli Bocah SD

Persahabatan yang autentik berkembang seiring dengan meningkatnya pemahaman diri. Ketahui suka dan tidak suka Anda, nilai dan preferensi Anda, lalu carilah individu yang memiliki dasar yang sama.

Misalnya jika Anda menikmati kegiatan di luar ruangan dan menyukai kebugaran, Anda mungkin ingin bergabung dengan kelompok yang bertemu secara rutin untuk berolahraga bersama.

Kelompok-kelompok tersebut dapat ditemukan melalui forum online atau dari mulut ke mulut. Tetapi jika Anda tidak tulus dalam minat Anda, hasrat Anda untuk aktivitas itu akan cepat memudar, yang akan membuat persahabatan yang 'terjalin' sebelumnya ikut memudar. Hal inilah yang kemudian akan menggiring seseorang kepada perasaan selalu merasa kesepian.

Maka, jujurlah pada diri sendiri niscaya anda mungkin akan menemukan titik terang dari permasalahan psikis tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)