Turunkan Kadar Gula Darah dengan Konsumsi Mangga Jenis Ini

Rabu, 11 Agustus 2021 - 18:29 WIB
loading...
Turunkan Kadar Gula Darah dengan Konsumsi Mangga Jenis Ini
Turunkan Kadar Gula Darah dengan Konsumsi Mangga Jenis Ini. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa memakan mangga Arunika dapat membantu menurunkan kadar gula darah . Anda yang menghindari makan mangga karena masalah kesehatan , termasuk diabetes , ini ada kabar baik.

The Central Institute for Subtropical Horticulture, (CISH) Lucknow telah mengembangkan varietas mangga yang lebih sehat dengan senyawa bioaktif yang memiliki manfaat obat tinggi, termasuk sifat anti-kanker.

"Memang, ini adalah terobosan besar bagi kami. Mangga adalah buah yang paling disukai dan dari banyak varietas hibrida mangga, para peneliti menemukan Arunika yang dikembangkan CISH kaya akan bioaktif, senyawa termasuk kandungan mangiferin dan lupeol," kata Direktur CISH, Shailendra Rajan.


"Arunika merah merona memiliki khasiat obat yang hebat. Senyawa bioaktif yang ada dalam varietas ini menurunkan kadar glukosa darah dengan mencegah penyerapan glukosa di usus, sedangkan mangiferin membantu melindungi terhadap kanker payudara dan usus besar," sambungnya.

Varietas mangga obat lain yang dikembangkan oleh CISH adalah Saheb Pasand, yang menurutnya merupakan varietas mangga termanis yang memiliki kandungan lupeol yang tinggi. Senyawa ini dikenal untuk berbagai aktivitas farmakologis terhadap berbagai kondisi penyakit termasuk peradangan, radang sendi, diabetes, penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal, toksisitas hati, infeksi mikroba dan kanker.

Rajan mengungkapkan bahwa pihaknya sudah siap dengan varietasnya. Namun uji pulp masih terus dilakukan untuk membandingkan mangga hibrida ini dengan varietas mangga lain yang tersedia dalam hal kandungan obat.


Dilansir dari Times of India, Rabu (11/8) Rajan mengatakan dalam waktu dekat, budidaya mangga varietas khusus ini akan memberikan pendapatan yang lebih baik bagi petani dan juga manfaat kesehatan bagi konsumen.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)