5 Makanan Khas Hari Kemerdekaan Indonesia, Enak-enak Banget

Rabu, 11 Agustus 2021 - 21:31 WIB
loading...
5 Makanan Khas Hari Kemerdekaan Indonesia, Enak-enak Banget
5 Makanan Khas Hari Kemerdekaan Indonesia, Enak-enak Banget. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Hari Kemerdekaan Repubik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus dirayakan dengan semangat. Selain lomba-lomba khas Agustusan, beberapa makanan juga biasanya disajikan saat momen ini.

Hal ini menjadikan makanan tersebut makanan khas yang tak boleh terlewatkan dalam momentum bersejarah ini. Menariknya, beberapa makanan dihias merah putih yang akan menambah semarak.

Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/8), berikut makanan khas Hari Kemerdekaan.


1. Nasi tumpeng merah putih

Umumnya nasi tumpeng banyak digunakan sebagai bentuk upacara dari sebuah acara sebagai ungkapan rasa syukur atas sebuah pencapaian. Maka dari itu, nasi tumpeng juga menjadi salah satu makanan khas Hari Kemerdekaan.

Namun yang lebih uniknya, pada perayaan kali ini, warna nasi tumpeng agak sedikit berbeda, yakni tampil dengan warna merah dan putih. Tak hanya untuk dimakan, ada pula yang menjadikannya sebagai hiasan semata.

2. Ayam goreng paniki

Ayam goreng paniki menjadi makanan khas Hari Kemerdekaan yang berasal dari kota Manado. Ayam goreng paniki sendiri dibuat oleh berbagai macam bumbu rempah-rempah dengan menggunakan ayam kampung sebagai bahan dasarnya. Sementara bumbu-bumbu rempahnya sendiri yakni seperti jahe, santan dan daun jeruk.

3. Klepon merah putih

Klepon menjadi sebuah jajanan yang banyak dijumpai di pasar dengan miliki ragam variasi, yang mana umumnya klepon banyak dijumpai bwarna hijau. Namun yang uniknya, menjelang Hari Kemerdekaan, makanan khas daerah Jawa Tengah itu muncul dengan versi warna merah putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)