Ustadz Zacky Mirza Ungkap Kemerdekaan Perspektif Islam

Kamis, 12 Agustus 2021 - 18:02 WIB
loading...
Ustadz Zacky Mirza Ungkap Kemerdekaan Perspektif Islam
Ustadz Zacky Mirza Ungkap Kemerdekaan Perspektif Islam. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Ustadz Zacky Mirza rupanya tak kalah semangat dalam menyambut HUT RI ke-76. Hari sakral bangsa Indonesia ini juga dimaknai beliau dari sisi Islami. Dai kondang ini juga mengatakan Pancasila kaya akan nilai religius jika ditelisik lebih lanjut.

Menurut penuturan Ustadz Zacky Mirza, penduduk muslim di Tanah Air patut mengetahui sikap tepat dalam menyambut serta merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ustadz Zacky mengatakan masyarakat harus memprioritaskan nilai ibadah guna mencapai kemerdekaan yang hakiki.

Ustadz Zacky justru menyebut penjajahan yang terjadi saat ini bukan lantaran suatu negara yang ingin berkuasa. Beliau menyebut diri kita acap kali dijajah oleh masalah duniawi sehingga terbelenggu dan jauh dari kata merdeka.

"Jadi yang pertama yang mesti kita benahi dalam menyambut kemerdekaan Indonesia, prioritas terpenting membenahi kualitas kehambaan kita dulu nih. Karena Allah SWT menegaskan "Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah".



Jadi jelas, diawal itu pertama membenahi nilai-nilai ibadah. Ini yang penting poinnya, dalam rangka supaya hati kita ini merdeka dari belenggu duniawi, merdeka dari diperbudak harta, merdeka dari mengejar jabatan dengan menghalalkan segala cara, sehingga dari pembenahan sisi ibadah itulah kita memiliki rasa nasionalisme karena Allah SWT," jelas Ustadz Zacky Mirza kepada awak media, Kamis (12/8/2021).

Ustadz Zacky Mirza juga menyinggung masalah kandungan nilai dalam Pancasila. Beliau mengatakan nasionalis yang baik ialah yang datang karena Allah SWT. Pemilik nama lengkap Achmad Zacky Mirza ini juga mengutip firman Allah SWT yang menjelaskan tugas umat manusia dimuka bumi untuk senantiasa beribadah kepada-Nya. Hal tersebut menjadi nilai utama yang disampaikan Ustadz Zacky Mirza dalam menyambut HUT RI mendatang.

"Rasa nasionalisme karena Allah SWT itu ya dengan menjalankan Pancasila seutuhnya dan seikhlasnya. Itu udah jelaskan sila pertama 'Ketuhanan Yang Maha Esa', berarti undang-undang Indonesia, peraturan dan falsafah hidup di Indonesia sebagai warga negara, kita disuruh beribadah dulu nih yang benar sama Allah SWT," ujarnya lagi.

Nilai kemanusiaan juga tak kalah penting untuk menyongsong kemerdekaan Indonesia. Makna ini disampaikan Ustadz Zacky Mirza merujuk pada sila ke-2. Beliau juga mengatakan sila tersebut sangat lekat dengan nilai Islamiah yang harus diterapkan setiap muslim khususnya di Indonesia.



"Nah yang kedua jangan lupa kita bermuamalah, hubungan ke masyarakat. Terutama terhadap sesama warga Indonesia, kepedulianlah terhadap bangsa gitu dalam urusan bencana dan lain sebagainya. Jadi kalau sisi Ketuhanan Yang Maha Esa-nya udah dapat, ibadah udah kita benahin, ketoka kita nolong bangsa pun tidak ada orientasi cuma karena jabatan atau postingan gitu misalnya," kata Ustadz Zacky Mirza.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)