Manfaat Kesehatan Konsumsi Makanan Pedas, Ini 5 di Antaranya

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 01:51 WIB
loading...
Manfaat Kesehatan Konsumsi Makanan Pedas, Ini 5 di Antaranya
Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Banyak orang beranggapan bahwa makanan pedas akan membawa dampak kerugian yang cenderung merepotkan, seperti misalnya menyebabkan sakit perut bahkan diare. Padahal sebenarnya makanan pedas juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Melansir informasi dari laman Femina.in pada Kamis (12/8), berikut manfaat dari mengonsumsi makanan pedas.



1. Bantu Turunkan Berat Badan

Menurut para peneliti di Universitas Purdue, mengonsumsi cabai merah dapat mengekang nafsu makan dan membakar lebih banyak kalori setelah makan. Akan tetapi, tetap diimbangi dengan olahraga untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Menjaga Tekanan Darah

Dalam senyawa aktif cabai terdapat kandungan capsaicin, yang berfungsi melebarkan pembuluh darah serta membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah. Menambahkan zat pedas alami seperti paprika merah atau saus lada ke dalam makanan dan camilan Anda dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Kandungan Paprika juga kaya vitamin A dan C yang memperkuat dinding pembuluh darah.

3. Tingkatkan Harapan Umur Panjang

Ini sebenarnya rahasia yang diketahui orang China dari masa lampau, bahwa senyawa pedas dapat berpotensi meningkatkan umur panjang. Hal itu didukung sebuah studi yang dilakukan oleh Chinese Academy of Medical Sciences dan Harvard School of Public Health, di mana objek penelitiannya adalah orang China dalam kelompok usia 30-79 tahun selama lima tahun.

Studi ini menemukan bahwa orang yang makan makanan pedas memiliki risiko 14% lebih rendah untuk meninggal dini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2922 seconds (0.1#10.140)