Gejala Serangan Jantung Pria dan Wanita Tak Sama, Ini Bedanya

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 10:27 WIB
loading...
Gejala Serangan Jantung Pria dan Wanita Tak Sama, Ini Bedanya
Gejala Serangan Jantung Pria dan Wanita Tak Sama, Ini Bedanya. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Ada beberapa gejala serangan jantung , dan ini bisa berbeda antara pria dan wanita. Serangan jantung terjadi ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, biasanya disebabkan oleh bekuan darah.

Dilansir dari Express, Jumat (13/8) kekurangan darah ke jantung akibat serangan jantung dapat mengancam jiwa dan dapat merusak otot jantung. Penyakit jantung koroner adalah penyebab utama serangan jantung. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah utama yang memasok jantung tersumbat oleh timbunan kolesterol.

Kemudian salah satu dari deposit kolesterol ini pecah, dan menyebabkan gumpalan darah berkembang. Bekuan darah kemudian dapat menghalangi suplai darah ke jantung yang menyebabkan serangan jantung. Gejala serangan jantung sangat khas, tetapi seringkali dapat diabaikan atau dianggap sebagai kondisi yang tidak mendesak seperti gangguan pencernaan.


Gejala serangan jantung utama meliputi sakit dada, sesak napas, merasa lemah atau pusing, atau keduanya, perasaan cemas yang luar biasa. Dada dapat terasa seperti ditekan atau diremas oleh benda berat, dan nyeri dapat menjalar dari dada ke rahang, leher, lengan, dan punggung. Namun, gejalanya bisa berbeda antara pria dan wanita.

Tidak semua orang mengalami nyeri dada parah dengan serangan jantung. Seringkali wanita dapat mengalami rasa sakit yang lebih ringan, dan karenanya disebabkan oleh penyebab lain seperti gangguan pencernaan. American Health Association (AHA) juga mengatakan wanita lebih mungkin mengalami gejala seperti sesak napas, mual atau muntah dan nyeri punggung atau rahang.

"Meskipun pria dan wanita dapat mengalami tekanan dada yang terasa seperti gajah duduk di dada, wanita dapat mengalami serangan jantung tanpa tekanan dada," jelas Nieca Goldberg, MD, direktur medis untuk Joan H Tisch Center for Women's Health di NYU's Langone Medical Center.


"Sebaliknya mereka mungkin mengalami sesak napas, tekanan atau nyeri di dada bagian bawah atau perut bagian atas, pusing, pusing atau pingsan, tekanan punggung bagian atas atau kelelahan ekstrim," sambungnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)