10 Makanan Indonesia Warisan Belanda, Ada Kue Cubit hingga Semur

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 12:20 WIB
loading...
10 Makanan Indonesia Warisan Belanda, Ada Kue Cubit hingga Semur
10 Makanan Indonesia Warisan Belanda, Ada Kue Cubit hingga Semur. Foto/Cookpad.
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki beragam makanan yang menggugah selera. Namun, belum banyak yang mengetahui jika beberapa makanan Indonesia merupakan warisan dari Belanda.

Meski beberapa makanan terasa sangat budaya Timur, beberapa makanan nyatanya merupakan adaptasi dari makanan Barat yang sering dikonsumsi di Eropa, khususnya di Belanda dan sekitarnya.

Lalu makanan Indonesia apa saja yang merupakan warisan Belanda? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/8).

1. Kastengel

Kastengel adalah satu dari sekian banyak jajanan kering yang disuguhkan ketika Lebaran. Namun, kue yang satu ini berasal dari jajanan Belanda, kaastengels. Kaas sendiri berarti keju dan tengels berarti jari, membuat kastengel memiliki arti jari-jari keju alias stik keju, tentunya sesuai dengan bentuk yang dikenal.

2. Nastar

Selain kastengel, kue kering yang satu ini juga sering disuguhkan ketika hari raya. Memiliki adonan yang tak jauh berbeda, nastar juga memiliki asal negara yang sama dengan kastengel. Memiliki nama asli annanastaart, yang berarti harfiah kue nanas, nastar versi Indonesia adalah versi adaptasi dari resep Belanda yang disesuaikan dengan selera orang Indonesia.


3. Dadar gulung

Dadar gulung adalah lembaran-lembaran adonan tipis yang dimasak di atas penggorengan anti-lengket dan diisi gula merah sebelum digulung. Meski memiliki cita rasa yang sangat Jawa, kue basah ini berasal dari resep pancake Eropa yang di Indonesia dibuat lebih tipis.

4. Lapis legit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2039 seconds (0.1#10.140)