Coba Segala Cara tapi Belum Hamil? Awas Indikasi Awal Kemandulan

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 13:40 WIB
loading...
Coba Segala Cara tapi Belum Hamil? Awas Indikasi Awal Kemandulan
Coba Segala Cara tapi Belum Hamil? Awas Indikasi Awal Kemandulan. Foto/Avvo Stories.
A A A
JAKARTA - Jika Anda sudah mencoba segalanya namun tak kunjung hamil , ini bisa menjadi indikasi awal infertilitas atau mandul . Infertilitas pada dasarnya adalah ketidakmampuan pasangan untuk hamil, bahkan setelah satu tahun hubungan seksual tanpa kondom.

Kondisi ini mempengaruhi sejumlah besar pasangan di seluruh dunia. Penyebab kemandulan pada wanita bisa banyak seperti gangguan ovulasi, kerusakan pada tuba falopi, endometriosis, penyebab rahim atau serviks dan sebagainya.

Namun, penyakit ini dapat dideteksi dan diobati sejak dini dengan memantau gejalanya. Semakin dini terdeteksi, semakin cepat dapat disembuhkan. Berikut beberapa gejala utama infertilitas pada wanita dilansir dari Health Shots, Sabtu (14/8).


1. Menstruasi yang berat, lama, atau menyakitkan

Beberapa wanita mengalami menstruasi ringan selama beberapa hari, sementara yang lain mengalami menstruasi yang berat dan kram yang parah secara teratur. Endometriosis, penyakit di mana jaringan yang biasanya terletak di dalam rahim ditemukan di tempat lain di tubuh, mungkin umum terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi yang sangat berat dan menyakitkan.

Beberapa gejala lain dari endometriosis termasuk menstruasi yang tidak teratur dan bercak, nyeri panggul kronis (tidak hanya selama menstruasi), masalah usus atau nyeri saat buang air besar, nyeri saat berhubungan seks, sakit punggung, kelelahan dan mual.

2. Ketidakteraturan dalam siklus menstruasi

Siklus tidak teratur seorang wanita, yang mencakup menstruasi yang terlewat, dapat menyebabkan infertilitas, karena ini menunjukkan bahwa ia tidak berovulasi secara teratur. Ketidakteraturan ovulasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk sindrom ovarium polikistik (PCOS), obesitas, berat badan kurang, dan masalah tiroid.

3. Masalah hormonal

Perubahan hormon dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, dan seseorang mungkin tidak menyadarinya atau alasan yang mendasarinya. Namun, beberapa tanda fluktuasi hormonal adalah jerawat parah, kaki dan tangan dingin, berkurangnya gairah seks, atau hilangnya hasrat seksual, keluarnya cairan dari puting susu, tumbuhnya rambut wajah, penipisan rambut di bagian atas kepala, kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2541 seconds (0.1#10.140)