Waspadai Penyakit Mata Wet AMD yang Bisa Sebabkan Kebutaan

Minggu, 15 Agustus 2021 - 10:22 WIB
loading...
Waspadai Penyakit Mata Wet AMD yang Bisa Sebabkan Kebutaan
Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Age-Related Macular Degeneration (AMD) adalah penyakit mata progresif yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan dengan cepat.

WHO melaporkan bahwa AMD merupakan salah satu penyebab kebutaan terbesar secara global. Pada 2020 terdapat 1,8 juta kasus kebutaan global yang disebabkan oleh AMD.



Penyakit AMD menyerang makula, area pusat retina yang terletak di belakang mata. Makula berperan penting dalam penglihatan sentral dan membedakan detail saat membaca, menulis hingga melihat wajah seseorang. Sebesar 90% kasus kehilangan penglihatan berat pada pasien AMD disebabkan oleh wet AMD.

Dokter Spesialis Mata dr. Elvioza, SpM(K) menjelaskan, wet AMD adalah kondisi lebih lanjut dari AMD yang ditandai adanya proses neovaskularisasi, di mana pembuluh darah baru mulai terbentuk di belakang retina. Namun, pembuluh darah tersebut sangat halus serta rentan bocor cairan dan darah hingga masuk ke lapisan makula.

“Gangguan tersebut membentuk jaringan parut yang menghambat fungsi sel retina. Penyakit ini merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan yang parah dan kebutaan pada pasien AMD di atas usia 65 tahun, serta memengaruhi 20 juta orang di seluruh dunia,” kata dr. Elvioza pada media briefing yang diselenggarakan oleh Novartis Indonesia, belum lama ini.

Menurutnya, penyakit mata wet AMD muncul seiring bertambahnya usia. Umumnya diderita oleh kelompok lansia berumur 50 tahun ke atas. Selain usia, penyakit wet AMD dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko lain merokok, diet yang buruk, serta riwayat keluarga dengan AMD.

“Pada pasien dengan wet AMD, umumnya yang dirasakan pada penglihatan adalah distorsi, buram , dan ada bintik hitam. Hal ini apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat mengakibatkan kebutaan pada pasien,” terang dr. Elvioza.

Sayang, banyak pasien yang baru memeriksakan mata setelah kondisinya memburuk. Untuk itu, penting mengenali gejala awal wet AMD sehingga pemeriksaan dini dapat segera dilakukan.

Dokter Elvioza menyebutkan, terapi yang saat ini tersedia bagi pasien wet AMD di Indonesia bukan bertujuan menyembuhkan, namun memperlambat progresivitas penyakit.



Pengobatan wet AMD merupakan terapi jangka panjang. Bagi dokter, mengontrol cairan retina sangat penting untuk mengendalikan perkembangan penyakit dan memperbaiki kondisi penglihatan. Berdasarkan pedoman penanganan wet AMD di Indonesia, beberapa terapi yang dapat digunakan meliputi laser fotokoagulasi, terapi fotodinamik, dan anti-VEGF.

“Oleh karena itu, kenali gejalanya dengan baik dan segera periksakan,” tegas dr. Elvioza.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2748 seconds (0.1#10.140)