3 Penyakit yang Bisa Mempersingkat Hidup hingga 14 Tahun

Senin, 16 Agustus 2021 - 18:43 WIB
loading...
3 Penyakit yang Bisa Mempersingkat Hidup hingga 14 Tahun
3 Penyakit yang Bisa Mempersingkat Hidup hingga 14 Tahun. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Di antara penyebab utama kematian , ada tiga kondisi yang dapat dicegah yaitu penyakit jantung , demensia dan kanker . Penyakit tersebut bisa mempersingkat hidup hingga 14 tahun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , faktor risiko yang mendasari untuk kondisi ini bervariasi. Namun, semuanya berkaitan erat dengan faktor gaya hidup .

Dilansir dari Express, Senin (16/8) mengoptimalkan rentang kesehatan Anda dalam jangka waktu yang lama dapat menambah peluang hidup selama 14 tahun.

Dr Paddy Barrett, ahli jantung pencegahan di Blackrock Clinic, mengatakan bahwa orang berusia 100 tahun umumnya meninggal karena hal yang sama seperti orang lain yaitu penyakit jantung, kanker, atau demensia.

"Poin pentingnya adalah mereka mendapatkan kondisi ini lebih lambat dari orang lain. Kita harus fokus pada faktor risiko untuk kondisi ini," kata Barrett.


Penyakit tidak menular adalah kondisi yang tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, seperti stroke, penyakit jantung, diabetes, dan demensia. Penyakit ini menjadi lebih umum dengan usia, dan menyumbang sekitar 70% dari semua kematian.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global, merenggut hingga 17,9 juta jiwa setiap tahun, yang setara dengan sekitar 32% dari semua kematian di seluruh dunia.

WHO menyebutkan bahwa kanker adalah penyebab utama kematian kedua secara global, terhitung sekitar 9,6 juta kematian pada tahun 2018.

Demensia, di sisi lain, sangat mempengaruhi memori dan kemampuan kognitif lainnya yang secara signifikan mengganggu kemampuan seseorang untuk mempertahankan aktivitas hidup sehari-hari.

Sementara ketiga kondisi tersebut terkait erat dengan rentang hidup yang lebih pendek, faktor risiko yang mendasari setiap penyakit sangat dapat dicegah melalui gaya hidup yang dimodifikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8007 seconds (0.1#10.140)