Lagu Indonesia Raya Pernah Dibredel dan Jadi Alat Propaganda, Ini 4 Fakta Lainnya

Senin, 16 Agustus 2021 - 19:31 WIB
loading...
Lagu Indonesia Raya Pernah Dibredel dan Jadi Alat Propaganda, Ini 4 Fakta Lainnya
6 Fakta Lagu Indonesia Raya, Dibredel dan Jadi Alat Propaganda. Foto/Eko Purwanto.
A A A
JAKARTA - Lagu Indonesia Raya merupakan salah satu lagu wajib yang selalu dinyanyikan dalam setiap gelaran upacara kemerdekaan . Lagu ini juga sering dinyanyikan saat perhelatan acara penting.

Baik di dalam negeri atau pun di kancah internasional, lagu tersebut selalu dikumandangkan. Meski ingat liriknya, tapi mungkin sebagain masyarakat Indonesia belum tahu fakta-fakta menarik yang terdapat pada lagu Indonesia Raya.

Merangkum GoodnewsfromIndonesia, Senin (16/8) mari simak ulasan enam fakta menarik lagu Indonesia Raya yang wajib diketahui di bawah ini.


1. Sosok penting selain WR. Supratman

Pencipta Indonesia Raya memang WR. Supratman , tapi ada sosok yang juga sama pentingnya dengan WR. Supratman di balik lagu Indonesia Raya. Ialah Yo Kim Tjan, seorang pengusaha etnis Tionghoa yang dikenal sebagai pemilik studio rekaman NV Populair. Bersahabat dengan WR. Supratman, Yo Kim Tjan lah yang merekam lagu Indonesia Raya pada 1927.

Ia merekam Indonesia Raya di kediaman pribadinya dalam dua versi, rekaman versi pertama yakni lantunan Indonesia Raya dengan biola yang dimainkan langsung WR. Supratman dan versi keduanya adalah versi musik keroncong yang dikirim ke Inggris untuk disalin agar diperbanyak.

2. Alat propaganda

Lebih dari sekedar lagu, tahukah Anda bahwa Indonesia Raya dijadikan pemerintah Jepang kala itu juga sebagai alat media propaganda.

3. Dibredel

Oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai penjajah, lagu Indonesia Raya sempat dilarang untuk dinyanyikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)