Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza, Ini Makna Filosofi di Baliknya

Senin, 16 Agustus 2021 - 21:50 WIB
loading...
Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza, Ini Makna Filosofi di Baliknya
Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza memiliki artis filosofis yang mendalam. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lirik Lagu Indonesia Raya 3 stanza ternyata memiliki makna filosofi.Lagu hasil ciptaan W.R Soepratman yang mampu menggetarkan hati dan semangat nasionalisme tersebut, memang sudah pasti sudah dihafal di luar kepala oleh setiap rakyat Indonesia.

Meski demikian, mungkin masih ada sebagian orang Indonesia yang tidak mengetahui jika aslinya lagu Indonesia Raya ini hadir dalam bentuk tiga stanza atau tiga versi lirik. Lagu Indonesia Raya yang kita gunakan saat ini adalah Indonesia Raya versi stanza yang pertama.

Indonesia Raya stanza pertama yang dinyanyikan dan diperdengarkan saat ini, menekankan pada lirik Marilah Kita Berseru Indonesia Bersatu. Mengutip situs laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senin (16/8/2021) lirik tersebut dimaknai sebagai semangat dan seruan untuk Indonesia yang kala itu kondisinya memang belum merdeka.

Baca Juga : Lagu Indonesia Raya Pernah Dibredel dan Jadi Alat Propaganda, Ini 4 Fakta Lainnya

Selain lirik Marilah Kita Berseru Indonesia Bersatu, stanza versi pertama ini juga menggarisbawahi lirik lainnya yakni Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya. Kalimat lirik ini ternyata posisi awalnya terbalik, awalnya berbunyi Bangunlah Badannya Bangunlah Jiwanya. Perubahan posisi ini ternyata atas instruksi Ir. Soekarno, yang saat itu menilai tidak bisa membangun fisik yang mumpuni sebelum membangun jiwanya terlebih dahulu.

Kemudian pada Indonesia Raya stanza versi dua, ada lirik yang berbunyi Marilah Kita Mendoa, Indonesia Bahagia memiliki filosofi nilai spiritual karena ditulis dengan tujuan sebagai doa agar Indonesia selalu hadir sebagai negara yang bahagia.

Selanjutnya, dalam Indonesia Raya versi stanza yang ketiga ada kalimat lirik Marilah Kita Berjanji Indonesia Abadi yang disebutkan memiliki makna simbolik atas sumpah setia. Berikutnya lirik Slamatlah Rakyatnya, Slamatlah Putranya, Pulaunya, Lautnya, Semuanya merujuk pada Indonesia sebagai negara agraris, tapi tidak hanya terbatas pada tanahnya saja. Namun juga semua elemen yang ada di Indonesia, mulai dari tanah, laut, hingga langitnya.

Baca Juga : Rayakan HUT ke-76 RI, Abey Ibrahim Rilis Lagu Senandung Nusantara
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)